Tuliskan Rumus dan Keterangan Energi Kinetik

ASTALOG.COM – Energi kinetik merupakan sebuah energi yang tersimpan dalam sebuah benda akibat gerakannya. Energi kinetik dipengaruhi 2 faktor, yakni kecepatan dan massa benda. Energi kinetik sendiri sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari.

Energi kinetik sendiri merupakan energi gerak yang juga dapat disebut sebagai energi dalam gerakan atau energi yang berhubungan dengan pergerakan suatu benda. Energi ini dapat dihitung secara matematis yaitu setengah dari masa suatu benda, dikalikan dengan kecepatan tubuh kuadrat.

Rumus Energi Kinetik

EK = ½ m v2

Keterangan :
EK = Energi kinetik
m = massa (kg)
v = kelajuan (m/s)
Energi kinetik mempunyai satuan Joule

Energi kinetik pegas
E_k = frac{1}{2} times k times x^2

Keterangan:
Ek: Energi kinetik pegas (J)
k : konstanta pegas (N/m²)
x : perpanjangan pegas (m)

Energi kinetik relativistik
E_k = (gamma-1) E_0 = (gamma-1) m_0c^2

Contoh Energi Kinetik
Ada beberapa contoh energi kinetik yang bisa kita jumpai sehari-hari, seperti berikut ini:

1. Planet berputar mengelilingi matahari
Seperti kita ketahui, fenomena planet berputar mengelilingi matahari merupakan fenomena yang sangat biasa terjadi. Fenomena ini termasuk salah satu penerapan energi kinetik rotasi karena gerakan planet yang berputar mengelilingi matahari.

2. Kendaraan bergerak
Salah satu penerapan energi kinetik yang sangat sering kita jumpai setiap hari adalah kendaraan yang bergerak. Karena gerakan kendaraan ini yang cenderung bergerak secara lurus, maka gerakan benda ini bisa dikategorikan sebagai salah satu contoh energi kinetik translasi.

3. Pesawat terbang
Pesawat yang diterbangkan ini juga termasuk salah satu contoh penerapan dari energi kinetik. Pesawat ini memiliki sejumlah energi kinetik karena bergerak atau terbang dari satu tempat ke tempat lainnya yang letaknya jauh.

4. Bola menggelinding
Jika Anda menjumpai bola yang menggelinding di lantai ataupun bola jatuh dari meja, maka bola tersebut memiliki sejumlah energi kinetik karena pergerakannya dari suatu tempat ke tempat lainnya.

5. Orang berenang
Seseorang yang sedang berenang juga memiliki energi kinetik dengan jumlah tertentu karena ia sedang melakukan pergerakan dari suatu tempat ke tempat lainnya.

6. Air mengalir
Contoh penerapan energi kinetik lainnya terdapat pada air mengalir yang ada di sungai maupun air terjun yang terjatuh hingga ketinggian tertentu. Air yang bergerak atau mengalir juga memiliki kecepatan dan massa tertentu yang menjadi syarat terjadinya energi kinetik itu sendiri.

7. Bayi merangkak
Contoh lainnya dari penerapan energi kinetik adalah bayi yang merangkak. Bayi bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya memiliki kecepatan dan massa bayi sehingga mempunyai sejumlah energi kinetik tertentu.

8. Elektron bergerak mengelilingi inti
Aplikasi dari energi kinetik lainnya adalah pergerakan elektron yang mengelilingi inti. Elektron yang bergerak dengan mengelilingi inti ini memiliki kecepatan dan massa tertentu sehingga memiliki sebuah energi kinetik.

9. Seseorang yang mengetik di komputer
Meskipun seseorang tidak bergerak, namun jika ia beraktivitas dengan mengetik di komputer maka ia memiliki energi kinetik.