Apa Arti dari Archipelago

Loading...

ASTALOG.COM – Archipelago dan Archipelagic berasal dari bahasa Italia yaitu Archipelagos asal katanya Archi yang artinya terpenting dan kata Pelagos artinya laut atau wilayah lautan.

Pengertian ini kemudian berkembang tidak hanya laut Aigaia teteapi termasuk pulau-pulau di dalamnya. Istilah archipelago kemudian diartikan sebagai “archipelago state” yaitu negara yang terdiri dari banyak pulau di mana laut, udara, dan daratan adalah satu kesatuan Nusantara sebagai wawasan ideology “Negara Persatuan Kepulauan Republik Indonesia” dan juga “NKRI” yang merupakan kehendak sejarah yang dijamin oleh Hukum Laut Internasional.

Dua per tiga luas Indonesia adalah lautan, dan air yang sebagai sumber kehidupan itu membentengi ribuan pulau dari Sabang hingga Merauke. Pengakuan International dalam Hukum laut dimana total luas wilayah RI yang terdiri dari 18.108 pulau, tidak termasuk Sipadan dan Ligitan ditambah laut yang dihitung didalam lingkar pulau-pulau terluar yang dihubungkan dengan garis batas 12 mile laut (± 20 km) adalah ± 6,1 juta km2. Dua pertiga bagiannya ± 4,2 km2. Dan bilamana diperhitungkan dengan “Zona Economy Exclusive” maka tanggung jawab pengelolaan kelautan kita masih ditambah 200 mile laut (± 325 km) diperhitungkan dari posisi pulau-pulau di garis lingkaran terluar wilayah Indonesia. Dunia pun mencatat Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan total luas mencapai 1.904.556 kilometer persegi dan 18.160 pulau di dalamnya.

BACA JUGA:  Jelaskan Fungsi Kulit!

Dilihat dari gugusan pulau yang begitu banyak dengan wilayah laut terbentang luas dari Provinsi Aceh di ujung pulau Sumatera sampai ke Tanah Papua yang paling timur dalam kaitannya dengan penyelundupan, pemberantasan dan peredaran gelap narkoba membutuhkan konsep pengamanan laut, darat dan udara secara komprehensif serta terpadu.

Konsep Archipelago
Konsep archipelago adalah laut sebagai penghubung daratan sehingga negara menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai tanah air dan ini disebut negara zona laut teritorial.

Zona Laut Teritorial
Zona laut teritorial adalah garis khayal yang berjarak 12 mil laut dari garis dasar ke arah laut lepas jika ada dua negara atau lebih mengusai suatu lautan ,sedangkan lebar lautan itu kurang dari 24 mil maka garis teritorial ditarik sama jauh dari garis masinng2 negara tersebut.

BACA JUGA:  Sejarah Pengamatan Galaksi Bimasakti

Zona Ekonomi
zona ekonomi eklusif adalah jalur laut selebar 200 mil laut kearah laut terbuka diukur dari garis dasar
serta landasan kontinen adalah dasar laut yang secara geologi maupun morfologi merupakan lanjutan dari sebuah kontinen kedalaman kurang dari 150 meter