Apa Pengertian Pythagoras dan Rumusnya?

Loading...

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Pythagoras (570 SM – 495 SM, bahasa Yunani: Πυθαγόρας) adalah seorang matematikawan dan filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya. Dikenal sebagai “Bapak Bilangan”, dia memberikan sumbangan yang penting terhadap filsafat dan ajaran keagamaan pada akhir abad ke-6 SM.

Dalil ini sesungguhnya telah dikenal orang-orang Babilonia sekitar 1.000 tahun sebelum masa kehidupan Pythagoras dan sampai saat ini masih digunakan antara lain untuk pelayaran, astronomi, dan arsitektur.

Teorema Pythagoras ini adalah teorema yang sangat terkenal. Teorema ini akan sering digunakan dalam menghitung luas bangun datar. Selain digunakan dalam perhitungan pada bangun datar, perhitungan pada dimensi 3 atau yang lain juga sering menggunakan teorema Pythagoras.

BACA JUGA:  Jungkit-jungkit Termasuk Tuas Golongan Apa?

Rumus Pythagoras
Rumus Pythagoras adalah rumus yang digunakan untuk mencari panjang sisi pada sebuah segitiga siku-siku. Penemu rumus ini adalah seorang ahli matematika dari Yunani yang bernama Pythagoras.

AB^2 = AC^2 + BC^2

Penemu Pythagoras

Pythagoras adalah matematikawan dan filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya. Belakangan, ia lebih dikenal sebagai “Bapak Bilangan”. Dia telah memberikan sumbangan penting terhadap filsafat dan ajaran keagamaan pada akhir abad ke-6 SM. Kehidupan dan ajarannya tidak begitu jelas disebabkan banyaknya legenda dan kisah-kisah buatan mengenai dirinya.

Namun demikian, Pythagoras dan murid-muridnya tetap percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini berhubungan dengan matematika, dan merasa bahwa segalanya dapat diprediksi dan diukur dalam siklus beritme. Menurut dia, dasar segala sesuatunya adalah bilangan. Sehingga, orang yang tahu dan mengerti betul akan bilangan, ia juga tahu akan segala sesuatu. Pythagoras adalah ahli ilmu pasti dan ahli musik. Penyelidikan alamnya memang mendalam dan besar pengaruhnya dalam lingkungan ahli pikir zamannya.

BACA JUGA:  Berbagai Bentuk Muka Bumi

Pythagoras lahir di Samos. Ia termasuk keturunan dari keluarga terpandang. Ayahnya bernama Mnesarchos dan sebagian tokoh lain mengatakan dia keturunan dewa Apollo.

Pembuktian Rumus Pythagoras
Pembuktian rumus pythagoras yang lain ini dapat dipraktekkan dirumah kita masing-masing. Jika dirumah kita menggunakan lantai ubin atau keramik.

Cobalah buat segitiga dengan alas 3 kotak kerami dan tingginya 4 kotak keramik. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut!

Jika sudah selesai, sekarang silahkan ukur sisi miringnya yang ditandai dengan garis putus-putus warna biru. Jika pengukuran anda benar dan teliti maka akan didapatkan hasil panjang sisi miringnya adalah 5 kali panjang keramik.

Hal ini sesuai dengan rumus pythagoras dibawah ini!
a2 + b2 = c2
32 + 42 = 52
9 + 16 = 25 (Terbukti)

BACA JUGA:  Sebutkan yang Dimaksud Dengan Smash Dalam Permainan Volly?