Jelaskan Jenis-jenis Energi Alternatif

ASTALOG.COM – Sumber energi alternatif adalah sumber energi yang bukan merupakan sumber energi tradisional ( yaitu bahan bakar fosil seperti batubara, minyak dan gas alam). Beberapa kamus misalnya kamus Oxford menempatkan sumber energi alternatif berkorelasi dengan lingkungan dan menyatakan bahwa istilah sumber energi alternatif mengacu pada sumber energi yang tidak merugikan lingkungan.

Dilansir dari wikipedia, Istilah “alternatif” merujuk kepada suatu teknologi selain teknologi yang digunakan pada bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi. Teknologi alternatif yang digunakan untuk menghasilkan energi dengan mengatasi masalah dan tidak menghasilkan masalah seperti penggunaan bahan bakar fosil.

Jenis Energi Alternatif
Energi alternatif juga diharapkan bisa menggantikan peranan sumber energi yang utama yang sifatnya tidak terbarukan. Selain itu juga bisa meminimalisir pencemaran lingkungan hingga meminimalisir peningkatan efek gas rumah kaca yang memicu peningkatan suhu atau temperatur udara semakin meningkat. Ada banyak contoh energi alternatif yang bisa kita terapkan untuk mengganti sumber energi yang utama.

1. Energi Matahari
Siapa yang tak kenal energi surya atau matahari? Energi matahari merupakan sumber energi panas yang sangat berguna bagi kehidupan makhluk hidup di dunia. Energi matahari dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan tumbuhan untuk hidup. Selain itu, energi matahari juga ternyata bisa dimanfaatkan sebagai salah satu contoh dari energi alternatif.

Bahkan energi alternatif dari energi matahari sendiri di beberapa negara maju ini sudah mulai dimanfaatkan dalam bahan bakar mobil. Jika memang kita bisa memanfaatkan energi alternatif maka sudah dapat dipastikan jika matahari bisa dijadikan sebagai sumber energi yang paling utama untuk manusia. Adapun keuntungan dari energi matahari ini adalah jumlah energi yang tidak terbatas.

2. Energi Air
Tak hanya energi matahari saja, energi air juga bisa dijadikan sebagai salah satu contoh energi alternatif untuk kita semua. Seperti kita ketahui, dimana energi listrik yang kita manfaatkan setiap hari termasuk salah satu sumber dari energi alternatif yang sifatnya ramah lingkungan. Dengan demikian, kita bisa memanfaatkan energi air ini untuk dapat menghasilkan listrik.

Nah, listrik inilah yang nantinya akan membantu pihak PLN dalam memenuhi setiap kebutuhan energi di Indonesia. Tak hanya itu saja, pemanfaatan batu bara yang saat ini digunakan dalam pembangkitan tenaga listrik akan semakin berkurang jika kita bisa memanfaatkan energi air secara optimal. Terlebih lagi, ketersediaan batu bara sebagai sumber energi utama semakin lama akan semakin habis. Untuk itu, dengan menggunakan energi air ini maka kita bisa menjadikannya sebagai salah satu sumber energi alternatif yang terbarukan.

3. Energi Biomassa
Energi yang bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif lainnya adalah energi biomassa. Biomassa termasuk bahan bakar atau energi yang terdapat pada makhluk hidup, entah itu berasal dari hewan maupun tumbuhan. Ada banyak sekali tumbuhan atau limbah organik yang melimpah di Indonesia yang bisa kita jadikan sebagai bahan bakar alternatif untuk menggantikan sumber energi utama. Selain itu, energi biomassa juga termasuk salah satu energi terbarukan yang sangat ramah lingkungan.

4. Energi Angin
Contoh energi alternatif lainnya adalah energi angin yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Angin sudah digunakan sejak dulu sebagai penggerak perahu layar. Nah, energi angin ini juga bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif untuk menghasilkan energi listrik.

5. Gelombang Air Laut
Potensi Indonesia dalam menghasilkan sumber energi alternatif sangatlah berpeluang besar, salah satunya adalah dengan menciptakan energi alternatif dari gelombang air laut. Seperti kita ketahui, Indonesia termasuk negara yang sebagian besar terdiri dari laut sehingga bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif yang menjanjikan.