Perubahan Aktivitas Berbelanja Bahan Makanan

Loading...

ASTALOG.COM – Seiring dengan perkembangan jaman, terjadi banyak perubahan dalam pola hidup masyarakat. Di jaman yang serba modern dan menuntut adanya kepraktisan, hampir di segala bidang kehidupan memerlukannya termasuk dalam aktivitas berbelanja bahan makanan. Perubahan aktivitas berbelanja bahan makanan yang paling menonjol adalah yang terjadi dalam masyarakat perkotaan.

Dulu, masyarakat di perkotaan khususnya kaum hawa akan lebih memilih untuk berbelanja bahan makanan di pasar tradisional. Aktivitas berbelanja yang dilakukan dengan cara tawar menawar harga bahan makanan antara pembeli dan penjual memang membutuhkan skill tersendiri. Pembeli ingin mendapatkan harga termurah, sedangkan penjual ingin mendapatkan keuntungan, sehingga diambillah jalan tengah untuk kegiatan tawar menawar ini agar menguntungkan kedua belah pihak.

Seiring berjalannya waktu, pusat perbelanjaan yang modern pun mulai bermunculan satu persatu di perkotaan dan didalamnya tentu saja terdapat supermarket yang mengambil konsep dari pasar tradisional yaitu berusaha menyediakan segala kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan bahan makanan.

Bagi masyarakat yang tidak memiliki kemampuan tawar menawar yang baik dan merupakan orang yang praktis, berbelanja bahan makanan di supermarket adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan bahan makanannya. Belum lagi tempatnya yang nyaman dan bersih menimbulkan kesan kehigienisan pada bahan makanan yang dijual khususnya bahan makanan segar.

BACA JUGA:  Langkah-langkah Penelitian Geografi

Supermarket memang menyediakan kebutuhan bahan makanan dengan tampilan yang lebih menggoda konsumen. Bahan makanan segar selalu nampak segar dan dikemas dalam kemasan yang menarik. Belum lagi jika supermarket memberikan potongan harga, ini akan lebih menarik minat konsumen untuk membeli bahan makanan dalam jumlah yang lebih banyak karena mereka pikir harganya miring, bahkan mungkin lebih miring dari harga di pasar, serta mereka tidak perlu lagi bersusah payah untuk melakukan tawar menawar. Semua sudah memiliki label harga yang menurut mereka masih dalam kisaran harga yang masuk akal.

Adapun bahan makanan yang merupakan bahan makanan pokok dan paling rutin dibeli oleh konsumen Indonesia adalah :

1. Beras

Beras yang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia adalah hal yang mutlak dipenuhi oleh seluruh kalangan masyarakat mulai dari masyarakat kelas menengah ke bawah sampai ke atas. Membeli beras merupakan hal rutin yang harus dilakukan baik untuk kebutuhan jangka pendek, maupun untuk kebutuhan menengah, seperti  beberapa bulan kedepan.

2. Ikan 

Indonesia yang kaya akan sumber daya laut terutama ikan, menjadikan jenis makanan pokok ini merupakan pilihan utama di kalangan hampir sebagian konsumen Indonesia. Ikan yang kaya akan protein dan vitamin, serta harganya yang relatif lebih murah daripada daging serta dapat ditemukan hampir tiap hari, membuatnya menjadi pilihan utama dalam konsumsi makanan pokok konsumen Indonesia. Selain ikan laut, ikan air tawar juga kerap menjadi pilihan konsumen.

BACA JUGA:  Teori Perubahan Kulit Bumi

3. Telur ayam

Telur ayam yang mengandung protein dengan harga yang relatif murah merupakan salah satu pilihan dari sekian jenis lauk yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Apalagi untuk sebagian orang yang alergi terhadap ikan atau tidak bisa makan ikan, maka mengkonsumsi telur ayam sebagai lauk adalah alternatif yang tepat. Selain sebagai lauk dalam menu makanan pokok sehari-hari, telur juga merupakan bahan campuran untuk membuat kue atau cemilan yang digemari konsumen Indonesia untuk dinikmati di sore hari.

4. Ayam Potong

Seperti halnya telur ayam, permintaan akan ayam potong juga terjadi setiap harinya. Ayam potong yang beredar di pasaran saat ini terbagi 2, yaitu ayam ras dan ayam kampung. Harga ayam kampung tentu saja jauh lebih mahal daripada ayam ras, sekitar 2 kali lipatnya. Namun hal ini tidak menjadi penghalang bagi konsumen yang sangat memperhatikan kesehatan sebab ayam kampung lebih alami tanpa pemberian zat kimia dalam pertumbuhannya serta memiliki tekstur daging yang lebih khas dibandingkan ayam ras.

BACA JUGA:  Habitat Bakteri

5. Daging sapi

Harga daging sapi relatif lebih mahal daripada daging ayam, namun bahan makanan ini bisa diolah menjadi berbagai jenis menu makanan, mulai dalam bentuk daging rendang, daging panggang, daging cincang atau hanya sekedar digoreng dengan bumbu sederhana.

6. Sayuran segar

Saat ini telah terjadi trend pola makan sehat dengan mengkonsumsi sayuran yang lebih banyak ketimbang daging. Pilihan jenis sayurannya pun bervariasi sesuai dengan selera masing-masing konsumen.

7. Buah segar

Selain sayuran, buah juga menjadi salah satu trend pola makan sehat yang terjadi di kalangan masyarakat akhir-akhir ini. Bahkan telah terjadi pergeseran dimana yang biasanya mengkonsumsi karbohidrat, kini kebanyakan orang lebih memilih mengkonsumsi buah saat sarapan. Selain itu, buah dapat dijadikan bentuk cemilan yang sehat dengan mengolahnya menjadi puding atau jus buah.

8. Bumbu dapur

Indonesia yang kaya akan rempah-rempah membuat pengolahan bahan makanan terasa kurang lengkap tanpa adanya bumbu dapur. Garam, merica, ketumbar, lengkuas, bawang merah, bawang putih, bawang bombay merupakan beberapa jenis bumbu dapur yang sering digunakan dalam masakan Indonesia.