Jelaskan Arti Muangthai

Loading...

ASTALOG.COM – Sebelum tahun 1939, Negara Thailand dikenal sebagai Siam, sampai saat ini nama Siam masih digunakan di kalangan orang Thai, terutama kaum minoritas Tionghoa. Thailand juga sering disebut Negeri Gajah Putih, karena gajah putih merupakan binatang yang dianggap keramat oleh penduduk. Nama lain dari Thailand adalah Muang Thai, yang berarti Negara bebas atau Negara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa lain. Thailand adalah negara netral, karena itu juga sering disebut butter staat, artinya “negara penyangga” atau “negara pemisah”. Thailand memisahkan Myanmar (bekas koloni Inggris) disebelah barat dengan Laos dan Vietnam (bekas jajahan Perancis) disebelah timur.

Kerajaan Thai (nama resmi Bahasa Thai: Ratcha Anachak Thai atau Prathet Thai), yang lebih sering disebut Thailand dalam bahasa Inggris, atau dalam bahasa aslinya Mueang Thai (dibaca: “meng-thai”, sama dengan versi Inggrisnya, berarti “Negeri Thai”), adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di barat, kerajaan Thai dahulu dikenal sebagai Siam sampai tanggal 11 Mei 1949. Kata “Thai” berarti “kebebasan” dalam bahasa Thai, namun juga dapat merujuk kepada Suku Thai, sehingga mengakibatkan nama Siam masih digunakan di kalangan warga negara Thai terutama kaum minoritas Tionghoa.

Kerajaan Thai merupakan tempat terletaknya beberapa wilayah geografis yang berbeda. Di sebelah utara, keadaannya bergunung-gunung, dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2.576 m). Sebelah timur laut terdiri dari Hamparan Khorat, yang dibatasi di timur oleh sungai Mekong. Wilayah tengah negara didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar, dan mengalir ke Teluk Thailand. Di sebelah selatan terdapat Tanah Genting Kra yang melebar ke Semenanjung Melayu.

BACA JUGA:  Apa Manfaat Biota Laut Bagi Manusia?

Negara Muangthai termasuk salah satu anggota Negara ASEAN, hal-hal yang perlu diketahui :
Luas wilayah : ± 514.000 km2
Ibu kota : Bangkok
Bentuk pemerintahan : Kerajaan
Kepala Negara : Raja
Kepala Pemerintahan : Perdana menteri
Raja : Bhumibol Adulyadej
Perdana menteri : Abhisit Vejjajiva
Lagu kebangsaan : Pleng Chard Thai
Jumlah penduduk (1988) : 54,12 juta
Bahasa : Thai (Siam)
Agama mayoritas penduduk : Budha
Mata uang : Baht
Bandar udara : Don Muang
Perusahaan penerbangan : Thai International Airways

Keadaan Geografi
Secara astronomis Muangthai terletak antara 50LU – 210LS dan 1000BT – 1060BT. Iklimnya tropika dengan suhu rata-rata berkisar antara 240C dan 310C. Muangthai terletak disebelah utara Malaysia.
Batas wilayah Thailand/Muangthai
sebelah utara : berbatasan dengan Myanmar dan Laos
sebelah barat : berbatasan dengan Myanmar dan Laut Andaman
sebelah selatan : Malaysia dan Teluk Siam
sebelah timur : Laos, Kamboja, Vietnam
Bagian utara bergunung-gunung dan penuh hutan, bagian barat (Lembah Menam) dialiri Sungai Menam, bagian timur merupakan daratan tinggi, sedang bagian selatan merupakan daratan alluvium yang luas sampai semenanjung Malaysia.

BACA JUGA:  Penyebab Perang Peloponnesos di Yunani