Gunung Singalang Berada di Daerah?

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Gunung Singgalang merupakan sebuah gunung yang terdapat di provinsi Sumatera Barat, Indonesia dengan ketinggian 2,877 meter.

Dari bentuknya, gunung ini sangat mirip dengan Gunung Merbabu di Jawa Tengah. Gunung ini sudah tidak aktif lagi dan mempunyai telaga di puncaknya yang merupakan bekas kawah, Telaga ini dinamai Telaga Dewi. Gunung Singgalang mempunyai kawasan hutan gunung yang sangat lembap serta memiliki kandungan air yang banyak.

Gunung Singgalang tidak hanya menyimpan keindahan saja, tetapi juga menyimpan begitu banyak misteri yang jadi tanda tanya. Konon di gunung ini tempat awal mulanya 7 manusia harimau. Dulu penduduk Desa Singgalang mempunyai perguruan silat di kaki gunung singgalang, untuk mematangkan ‘ilmu’ silatnya dia harus melakukan ritual perjalanan memasuki hutan Gunung Singgalang hanya dibekali dengan bawang dan garam. Jika dia kembali dengan selamat dan membawa sabuk dari kulit harimau maka dia memiliki ‘ilmu’ harimau.

Cerita diatas berkembang dari mulut ke mulut sebagai legenda rakyat atau memang benar adanya saya tidak punya bukti. Namun misteri yang terkandung dalam gunung ini saya lihat sendiri dan punya dokumentasinya. Telaga Dewi salah satu tempat yang menjadi daya tarik pendaki ke Gunung Singgalang. Telaga yang kurang lebih seluas lapangan bola ini kalau dilihat biasa-biasa saja, namun jika kita duduk dipinggirnya memandang ketengah akan ada rasa damai yang mendalam dan perasaan akan hanyut kedalam lambaian embun diatas air telaga sehingga tak terasa kaki akan melangkah dengan sendirinya mengarungi telaga.

Keistimewaan Gunung Singgalang
Gunung Singgalang mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung. Hutan Dipterokarp Bukit adalah kawasan hutan yang terdapat di ketinggian antara 300 – 750. Spesies utamanya ialah Pokok Seraya, Pokok Keruning, dan Pokok Meranti. Hutan Dipterokarp Atas adalah kawasan hutan yang terdapat pada ketinggian 750 – 1,200 meter, spesies utamanya terdiri dari Pokok Meranti Bukit dan Pokok Damar Minyak. Hutan Montane merujuk kepada kawasan hutan yang terdapat pada ketinggian 1,200 – 1,500 meter, spesies utamanya terdiri dar Pokok Mempening, Pokok Berangan, Pokok Damar Minyak, dan Pokok Podo. Hutan Ericaceous atau hutan gunung merujuk kepada kawasan hutan yang terdapat pada ketinggian melebihi 1,500 meter, spesies utamanya terdiri dar Pokok Kelat, Pokok Periuk Kera, dan berbagai-bagai jenis belukar, buluh, resam, paku-pakis, dan Lumut.

Gunung Singgalang, merupakan Gunung api yang tidak aktif. Gunung ini ditutupi hutan hujan tropis, trek pendakian terjal dan terdapat 2 buah telaga di daerah puncak yaitu “Telaga Dewi” dan “Telaga Kumbang.

Akomodasi
Lokasi Gunung Singgalang tidak begitu jauh dari Kota Bukittinggi dan kota Padang Panjang. Mengingat Gunung Singgalang dekat dengan 2 kota ini, para wisatawan dari luar kota yang ingin berlama-lama di kawasan tersebut, dapat menginap di Hotel di dua kota itu. Di sepanjang jalan menuju Gunung Singgalang, terdapat banyak restoran yang menyajikan aneka hidangan masakan Padang.