Sebutkan Contoh Energi Potensial

Loading...

ASTALOG.COM – Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda karena ketinggian/ kedudukan terhadap titik acuan. Energi ini tersembunyi di dalam benda, tetapi jika diberi kesempatan, energi ini dapat dimanfaatkan. Sebagian energi listrik termasuk energi potensial.

Dilansir dari wikipedia, Energi potensial adalah energi yang memperngaruhi benda karena posisi (ketinggian) benda tersebut yang mana kecenderungan tersebut menuju tak terhingga dengan arah dari gaya yang ditimbulkan dari energi potensial tersebut. Satuan SI untuk mengukur usaha dan energi adalah Joule (simbol J).

Sebutan “energi potensial” pertama kali dikemukakan oleh seorang teknik dan fisikawan berkebangsaan Skotlandia, William Rankine.

Jenis Energi Potensial
Ada situasi ketika sebuah benda memiliki potensi untuk mulai bergerak dan mendapatkan energi kinetik. Sering ada gaya yang bekerja pada objek, tetapi kekuatan belum cukup untuk memindahkan objek tersebut.

BACA JUGA:  Jelaskan Jenis-jenis Energi Alternatif

Jenis-jenis energi potensial adalah:
elastis
gravitasi
kimia
elektris
nuklir

1. Energi potensial elastis
Bila Anda menekan pegas, Anda membuat energi potensial. Kekuatan tekanan sebanding dengan tekanan, menurut hukum Hooke. Melepaskan pegas mengubah energi potensial menjadi energi kinetik. pegas kemudian dapat digunakan untuk menggerakkan beberapa objek.

2. Energi potensial gravitasi
Sebuah objek yang diletakan di atas tanah memiliki energi potensial yang berhubungan dengan ketinggian di mana benda tersebut diletakan, menurut persamaan
PE = mgh
di mana:
PE adalah energi potensial dalam joule (J)
m adalah massa benda kg
g adalah percepatan gravitasi konstan (9,8 m/s²)
h adalah tinggi di atas tanah atau jarak objek jatuh (m)
mgh adalah m kali g kali h

BACA JUGA:  Negara Maju Adalah?

3. Energi potensial kimia
Beberapa molekul tidak stabil seperti nitrogliserin memiliki energi potensial yang siap untuk dirilis di bawah kondisi yang tepat. Pelepasan energi mungkin akan berupa ledakan, yang melepaskan energi kinetik dalam bentuk cahaya, panas, dan partikel yang bergerak.
Campuran bahan kimia tertentu dapat bereaksi, meskipun ledakannya tidak begitu keras untuk membuat panas dan bentuk lain dari energi kinetik.

4. Energi potensial listrik
Stopkontak listrik di rumah Anda memiliki energi potensial 110V atau 220V. Setelah rangkaian listrik dialirkan, energi potensial menjadi energi kinetik dari pergerakan elektron, serta panas dan efek lainnya.

5. Energi potensial nuklir
Beberapa atom memiliki inti yang tidak stabil yang memiliki potensi membelah dan melepaskan energi kinetik. Sebagai contoh, Uranium-235 tidak stabil dan dapat terbagi dua, melepaskan kecepatan tinggi partikel subatom dan radiasi. Energi potensialnya berubah menjadi energi kinetik.

BACA JUGA:  Jenis Perubahan Wujud Zat

Contoh Sederhana Energi Potensial
Contoh sederhana energi ini adalah jika seseorang membawa batu ke atas bukit dan meletakkannya di sana, batu akan memiliki energi potensial gravitasi. Jika kita meregangkan pegas, kita dapat mengatakan bahwa musim semi membesar dan memanjang berarti musim semi elastis gain energi potensial.

Berbagai jenis energi dapat diklasifikasikan sebagai energi potensial. Setiap bentuk energi dikaitkan dengan jenis tertentu dari gaya yang bekerja terhadap sifat fisik tertentu materi (seperti
massa, muatan, elastisitas, suhu, dll).