Induksi Magnet Adalah

Loading...

ASTALOG.COM – Induksi Magnet ditemuan oleh Michael Faraday tahun 1821,. Dan tahun sebelumnya Oersted, telah menemukan bahwa jarum magnet kompas biasa dapat bersingkut, jika listrik di alirkan dalam kawat yang berjauhan.

Ini memuat Michael Faraday berkesimpulan, bahwa jika magnet didekatkan, yang bergerak justru kawatnya. Atas dasar dugaan itu dia berhasil membuat skema yang jelas dimana kawat akan terus-menerus berputar berdekatan dengan magnet sepanjang arus listrik dialirkan ke kawat.

Pengertian lain dari induksi magnet adalah kuat medan magnet yang dipengaruhi oleh gaya magnet pada sebuah konduktor, konduktor mempunyai partikel yang tidak beraturan yang artinya jika sebuah konduktor ditempelkan magnet maka akan konduktor akan menarik benda-benda logam yang tergolong feromagnetik. Hal ini dikarenakan magnet yang ditumpukkan konduktor mempengaruhi molekulnya sehingga beraturan.

BACA JUGA:  Ciri-ciri Matahari

Jika kita mengerakkan kutub magnet memasuki kumpuran, maka jarum Galvonometer akan menyimapang salah satu arah. Jika magnet kita masukkan kedalam kumparan maka akan menyimapang ke kiri dan jika magnet tepat ditengah kumpuran maka jarum Galvono. Akan menunjukkan angka nol, menyimpangnya jarum menunjukkan bahwa ketika magnet bergerak memasuki dan keluar dari kumparan pada ujung kumpuran akan timbubeda potensial yang dapat menyebabkan arus listrik pada kumparan.

Beda potensial yang ditimbulkan disebut GGL induksi (gaya gerak listrik). Timbulnya beda potensial listrik pada kumparan merupakan tegangan dan arus bolak balik atau yang disebut dengan arus AC.

Fisika Induksi Magnet
Jika penghantar kawat yang digunakan adalah sepanjang “l” dan mempunyai medan magnet beserta gaya yang mempunyai elektron sebesar

BACA JUGA:  Sebutkan Ciri-ciri Basalt

F = Q . E
Dengan gaya yang ditimbulakn oleh gaya laurance

E = B . V

Beda potensial pada GGl (gaya gerak listrik) induksi yang ditimbulakan
E = GGL induksi

Dengan Rumus
E = B. V . l

Dilansir dari wikipedia, induksi Magnet adalah kuat medan magnet akibat adanya arus listrik yang mengalir dalam konduktor. Adanya kuat medan magnetik di sekitar konduktor berarus listrik diselidiki pertama kali oleh Hans Christian (Denmark, 1774 – 1851). Jika jarum kompas diletakkan sejajar dengan konduktor, maka konduktor itu akan dialiri arus listrik. Bila arah arus dibalik, maka penyimpangannya juga berbalik. Selanjutnya, secara teoritis laplace (1749 – 1827) menyatakan bahwa kuat medan magnet atau induksi magnet di sekitar arus listrik sebagai berikut :

1. Berbanding lurus dengan arus listrik
2. Berbanding lurus dengan panjang kawat penghantar
3. Berbanding terbalik dengan kuadrat arak suatu titik dari kawat penghantar itu
4. Arah induksi magnet tersebut tegak lurus dengan bidang yang dilalui arus listrik.

BACA JUGA:  Bromelia Adalah?

Cara Membuat Induksi Magnet
Membuat magnet dengan cara induksi dapat dilakukan dengan menempelkan atau mendekatkan logam yang mengandung partikel besi pada magnet yang ada.

Secara teoritis Laplace (1749-1827), menyatakan bahwa kekuatan medan magnetik atau induksi magnet di sekitar arus listrik sebagai berikut:

1. Berbanding lurus dengan arus listrik
2. Berbanding lurus panjang kawat penghatar
3. Berbanding terbalik dengan kuadrat arah suatau titik dari kawat penghantar itu
4. Arah induksi magnet tersebut tegak lurus dengan bidang yang dilalui arus listrik