Tumbuhan yang Hidup Secara Heterotrof

ASTALOG.COM – Heterotrof (dari bahasa Yunani heterone: lainnya dan trophe: nutrisi) adalah organisme yang membutuhkan senyawa organik di mana karbon diekstrak untuk pertumbuhannya. Heterotrof dikenal sebagai “konsumer” dalam rantai makanan.

Pengertian Heterotrof
Heterotrof adalah organisme atau makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri, sehingga makanan diperoleh dari makhluk hidup lainnya atau dengan cara memakan makhluk hidup lainnya.

Organisme autotrof, adalah organisme yang dapat memproduksi makanan mereka sendiri dengan cara fotosintesis. Makanan adalah energi kimia yang tersimpan dalam molekul organik. Makanan menyediakan energi baik untuk melakukan pekerjaan dan karbon untuk membangun tubuh. Karena sebagian besar autotrof mengubah sinar matahari untuk membuat makanan, kita sebut proses yang mereka gunakan fotosintesis.

Hanya tiga kelompok organisme autotrof yaitu tumbuhan, alga, dan beberapa bakteri, yang mampu memtransformasi energi yang memberi kehidupan. Autotrof membuat makanan untuk mereka gunakan sendiri, tetapi mereka membuat cukup untuk mendukung kehidupan lain juga. Hampir semua organisme lain tergantung pada ketiga kelompok untuk makanan yang mereka hasilkan. Para produsen, juga dikenal sebagai autotrof, memulai rantai makanan yang memberi makan semua kehidupan.

Jenis-Jenis Organisme Heterotrof
Organisme heterotrof terdiri atas beberapa macam atau jenis-jenis organisme yang masuk atau berada dalam golongan organisme heterotrof. Berdasarkan jenis makanannya, organisme heterotrof dibedakan menjadi herbivor, karnovor, omnivor dan scavenger. dan detritivor.

1. Herbivor
Herbivor adalah pembakan tumbuhan. Di dalam tingkatan rantai makanan, herbivor tergolong konsumber I.
Contohnya adalah sapit, rusa kelinci, belalang, dan ulat.

2. Karnivor
Karnivor adalah pemakan daging. Semua konsumber II dan seterusnya tergolong karnivor. Karena memangsa hewan lain, hewan ini disebut pula sebagai predator. Predator mendapatkan mangsanya dengna memburu mangsanya tersebut.
Contoh karnivor adalah kodok, labah-labah, elang, ular dan kucing.

3. Omnivor
Omnivor adalah pemakan segala. Hewan omnobor dapat memakan tumbuhan atau daging.
Contoh omnivor adalah beruang, kera, orangutan, siamang, dan manusia. Hewan omnivor biasanya mendominasi ekosistem, kecuali jika ekosistem telah terganggu.

Manusia merupakan organisme omnivor yang mampu beradaptasi dengan segala jenis kondisi lingkungan, terutama karena akal pikirannya. Oleh karena itu, manusia mendominasi bumi. Sekarang kita harus sadar, bahwa manusia tidak berada diluar lingkungan, melainkan menjadi bagian dari lingkungan tersebut. Dengan demikian kita harus menjaga lingkungan dengan baik.

4. Pemakan Bangka (Scavenger)
Pemakan bangkai adalah hewan yang memakan tubuh hewan lainnya yang sudah mati disebut pemakan bangkai (scavenger).
Contohnya hewan pemakan bangkai adalah burung nasar.

5. Detritivor
Detritivor adalah serpihan-serpihan organisme berupa serpihan daun. batang atau potongan hewan disebut detritus. Organisme pemakan detritus disebut detritivor.
Contohnya detritivor adalah cacing tanah, rayap, dan serangga tanah.

Dalam respirasi heterotrof, respirasinya menggunakan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, sedangkan pada autotrof adalah sebaliknya, yaitu menggunakan karbondioksida dan mengeluarkan oksigen.