Manfaat Daun Suji Adalah?

Loading...

ASTALOG.COM – Daun suji termasuk tanaman perdu tahunan. Daunnya sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk berbagai keperluan sehari-hari, terutama untuk mengharumkan masakan dan sebagai pewarna alami.

Jika dilihat sekilas, fungsi daun ini hampir sama dengan pandan karena sering digunakan sebagai pewarna hijau yang alami untuk makanan. Bahkan warna yang dihasilkan dari tanaman ini lebih hijau atau lebih pekat daripada daun pandan wangi. Selain dapat memberikan warna hijau, daun suji juga memiliki aroma yang khas dan harum sehingga membuat makanan yang ditambah dengan daun ini menjadi lebih menggugah selera.

Kandungan dan Manfaat Daun Suji
Kandungan kimia dari daun suji di antaranya adalah adalah saponin dan flavonoid. Mengenai efek farmakologis dari daun yang memiliki rasa pahit, berbau harum, dan bersifat dingin.

Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan
Tak sampai dengan fungsinya sebagai pewarna hijau alami, daun ini juga menyimpan khasiat yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Inilah beberapa manfaat daun suji bagi kesehatan beserta cara penggunaannya :

BACA JUGA:  Virus Yang Menyebabkan Penyakit Leukimia Adalah?

1. Mengobati Beri-Beri dan Disentri
Untuk menjadikan daun suji sebagai obat disentri dan beri-beri, caranya cukup mudah. Siapkan daun suji yang masih segar secukupnya saja. Setelah itu cuci sampai bersih kemudian ditiriskan. Selanjutnya, didihkan air dengan daun itu. Apabila sudah mendidih sampai tinggal setengah bagian, silahkan Anda saring dan ambil air hasil penyaringan. Anda bisa menikmatinya saat dingin satu gelas sehari untuk mengatasi disentri dan beri-beri.

2. Meringankan Nyeri Haid
Jika Anda wanita dan ingin meringankan nyeri haid, daun suji adalah salah satu solusi alami untuk mengatasinya. Untuk mengolahnya juga sama seperti cara mengobati beri beri dan disentri menggunakan daun suji diatas, yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu sampai menyisakan air setengah bagian. Kemudian dikonsumsi teratur satu gelas sehari.

BACA JUGA:  Ciri-Ciri Makanan yang Sehat

3. Mengatasi Penyakit Kencing Nanah
Daun suji dipercaya bisa mengatasi penyakit kencing nanah. Cara menggunakannya juga seperti cara-cara diatas, hanya saja mengkonsumsinya dua gelas sehari.

4. Menyembuhkan Batuk Berlendir dan Berdarah
Batuk berlendir atau batuk berdarah adalah masalah yang cukup berbahaya. Maka dari itu sebaiknya segera diobati dengan dibawa ke dokter ataupun bisa dengan cara alami. Caranya dengan menyiapkan sekitar 20 lembar daun suji yang sudah dicuci bersih. Setelah itu daunnya ditumbuk hingga halus sambil ditambahkan air setengah gelas. Selanjutnya, ambillah sarinya dengan cara diperas terlebih dahulu lalu minum ramuan tradisional alami tersebut 2 kali sehari saat pagi dan malam hari.

Ada cukup banyak manfaat atau khasiat daun suji yang alami bagi kesehatan dan untuk obat.

Pengolahan Daun Suji
Mengenai pengolahannya untuk disentri dan beri–beri kita dapat mengolah daun suji secara sederhana yakni dengan cara mencuci bersih daun segar kemudian merebusnya. Air rebusan disaring dan didinginkan kemudian siap dikonsumsi. Untuk disentri dan beri–beri kita minum satu gelas per hari. Sedangkan untuk kencing nanah dengan cara yang sama namun diminum sebanyak setengah gelas dua kali sehari.Kemudian untuk para wanita yang mengalami masalah pada siklus bulanannya. Dapat memanfaatkan daun ini dengan cara yang sama yakni merebus daun suji dan meminum air daun tadi setelah dingin sebanyak 1 gelas perharinya.

BACA JUGA:  Penyebab Penyakit Meningitis

Daun suji ini sebenarnya sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Cara mengembangkan tamanan ini juga hanya dengan okulasi. Agar dapat menghasilkan daun suji yang berkualitas tinggi, sebaiknya tanaman suji dirawat dan disiram secara teratur sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal baik sebagai pewarna makanan maupun untuk pengobatan tradisional.

Loading...