Ciri Fisik Pithecantropus Robustus

Loading...

ASTALOG.COM – Menurut sumber lain menyatakan bahwa pithecanthropus obustus sebenarnya berasal dari kata pitheciane yang artinya kera, anthropos artinya manusia dan robustus yang memiliki arti kuat. Sehingga jika ditarik kesimpulannya maka pithecanthropus robustus adalah manusia kera yang sangat kuat. Pengetahuan sejarah mengenai ilmu – ilmu masa lampau seperti memahami dan mempelajari mengenai asal –usul manusia dari mulai manusia purba hingga manusia sempurna seperti saat ini.

Von Koegniswald yang merupakan penemu dari Pithecanthropus mojokertensis atau manusia kera dari Mojokerto juga menemukan adanya beberapa jenis fosil dari manusia purba, yang antara lain ditemukannya di Desa Trinil daerah Ngawi, Jawa Timur, di tahun 1939.

Dalam penelitiannya yang kedua ini pada daerah trinil dengan peneliti lain yang bernama Weidenreich menemukan manusia purba jenis Pithecanthropus Robustus yang berada pada lapisan jetis atau pleistosen bawah yang memiliki usia yang sama dengan Pithecanthropus Mojokertensis, dan lebih tua dari Pithecanthropus Erectus.

BACA JUGA:  Perang Bani Musthaliq

Ciri-ciri Pithecanthropus Robustus
Ciri dari Pithecanthropus Robustus seringkali dikaitkan dengan ciri – ciri pithecanthropus mojokertensis. Manusia jenis pithecanthropus ini paling banyak ditemukan di kepulauan Jawa khususnya. Secara umum fosil pithecanthropus memiliki ciri – ciri badan yang tegap, memiliki tulang tengkorak yang besar, memiliki bentuk kepala yang lonjong seprti kera dan manusia jenis ini telah banyak berevolusi dan termasuk pemakan segalanya.

Ciri dari Pithecanthropus Robustus antara lain:
1. Memiliki badan yang tegap, tapi tidak seperti perawakan meganthropus
2. Memiliki tinggi badan sekitar 165 – 180 cm
3. Memiliki tulang rahang dan gigi graham yang kuat
4. Bagian kening menonjol
5. Seperti jenis manusia purba meganthropus, pithecanthropus jenis ini juga tidak memiliki dagu
6. Memiliki volume otak yang belum sempurna seperti pada jenis homo yaitu sekitar 750 hingga 1.300 cc
7. Tulang bagian atap tengkorang berbentuk lonjong dan memiliki struktur yang tebal
8. Serta memiliki alat pengunyah dan mulai memiliki otot tengkuk yang kecil

BACA JUGA:  Prinsip Pemerintahan Demokrasi

Ciri-ciri pithecanthropus robustus lainnya yaitu fosil yang ditemukan oleh weidenrich dsn van koenigswald pada tahun 1939 di trinil daerah lembah bengawan solo yang ditemukan dari lapisan pleistosen bawah, memiliki beberapa hasil budaya asli dari olahan manusia purba pithecantropus yaitu diantaranya kapak perimbas, kapak penetak, kapak genggam, pahat genggam, alat serpih, dan alat – alat tulang.