Contoh Hewan Coelenterata

ASTALOG.COM – Coelenterata berasal dari kata coelom yang artinya berongga dan enteron yang artinya perut (usus). Dengan demikian, Coelenterata dapat diartikan sebagai hewan perut berongga (berupa rongga gastrovasculer).

Makanan masuk melalui mulut kemudian masuk ke perut. Rongga tubuh digunakan sebagai tempat pencernaan makanan dan sebagai alat pengedar sari makanan dan sisa makanan yang dikeluarkan.

Ciri-Ciri Coelenterata
Coelenterata memiliki ciri khas dengan karasteristik dari hewan seluruh hewan coelenterata. Ciri-ciri coelenterata umum adalah sebagai berikut

1. Multiseluler, dan radial simetris (memotong bidang melalui pusat menciptakan segmen identik, mereka memiliki bagian atas dan bawah tapi tidak ada sisi)
2. Merupakan hewan invertebrata.
3. Memiliki bentuk seperti tabung
4. Dikelilingi tentakel di sekitar mulut
5. Lapisan tubuh coelenterata terdri dari jaringan luar (eksoderm), jaringan dalam (endoderm), serta sistem otot yang membujur dan menyilang (mesoglea)
6. Memiliki knidoblast, yaitu sel eksoderm yang berisi racun yang berduri disebut dengan nematocyt.
7. Hidup di air tawar, air laut, secara solider (melekat pada dasar perairan) dan berkoloni.
8. Memiliki sel penyengat (nematosis)
9. Merupakan hewan karnivora (memakan invertebrata kecil)
10.Tidak memiliki organ atau sistem organ
11.Tidak memiliki otak, namun hanya impuls saraf yang berjalan melalui tubuh mereka dan dapat mendeteki sinyal di lingkungannya.
12.Sistem pencernaan coelenterata : di eksoderm terdapat tentakel berbentuk gelembung disebut Hipnotoxin yang memiliki kait-kait dari benang. Jika menangkap mangsa, tentakel menarik makanan ke arah mulut dan mendorongnya ke dalam rongga tubuh. Makanan dicerna oleh enzim yang akan beredar ke seluruh rongga tubuh dan kemudian diserap oleh endoderm. Sistem pencernaan coelenterata disebut dengan Gastrovaskuler.
12.Sistem pernapasan adalah sistem saraf difus (baur).
13.Coelenterata memiliki alat gerak yang berupa tentakel

Semua coelenterata memiliki dua lapisan sel – epidermis sebagai pelindung luar dan gastrodermis dibagian dalam. Di antara mereka adalah matriks seperti jelly yang disebut mesoglea. Lapisan ini mengelilingi rongga bagian dalam yang disebut rongga gastrovaskular.

Cara Hidup Coelenterata
Coelenterata hidup bebas secara heterotrof dengan memangsa plankton dan hewan kecil di air.Mangsa menempel pada knodosit dan ditangkap oleh tentakel untuk dimasukkan kedalam mulut.Habitat Coelenterata seluruhnya hidup di air, baik di laut maupun di air tawar.Sebagaian besar hidup dilaut secara soliter atau berkoloni. Ada yang melekat pada bebatuan atau benda lain di dasar perairan dan tidak dapat berpindah untuk bentuk polip, sedangkan bentuk medusa dapat bergerak bebas melayang di air.

Reproduksi Coelenterata
Reproduksi Coelenterata terjadi secara aseksual dan seksual.Reproduksi aseksual dilakukan dengan pembentukan tunas.Pembentukan tunas selalu terjadi pada Coelenterata yang berbentuk polip.Tunas tumbuh di dekat kaki polip dan akan tetap melekat pada tubuh induknya sehingga membentuk koloni. Reproduksi seksual dilakukan dengan pembentukan gamet (ovum dengan sperma).Gamet dihasilakan oleh seluruh Coelenterata bentuk medusa dan beberapa Coelenterata bentuk polip.Contoh Coelenterata berbentuk polip yang membentuk gamet adalah hydra.