Pengertian Musik RnB

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, R&B (ditulis juga RnB, merupakan singkatan dari Rhythm and Blues) adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz, gospel, dan blues, aliran jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Istilah ini pertama kali dipakai sebagai istilah pemasaran dalam musik di Amerika Serikat pada tahun 1947 oleh Jerry Wexler yang bekerja pada majalah Billboard.

Istilah ini RnB menggantikan istilah musik ras dan kategori Billboard Harlem Hit Parade pada Juni 1949. Tahun 1948, RCA Victor memasarkan musik kulit hitam dengan nama Blues and Rhythm. Frasa tersebut dibalik oleh Wexler di Atlantic Records, yang menjadi perusahaan rekaman yang memimpin bidang R&B pada tahun-tahun awal. Dan sekarang aliran jenis RnB ini paling digemari diseluruh dunia.

Sejarah Musik RnB
Sejarah musik r&b kita awali dari musik r&b mulai dikenal sejak tahun 1940-an. Ada pendapat bahwa musik r&b digunakan media sebagai istilah untuk gaya musik yang dimainkan oleh para musisi Afrika-Amerika atau musisi kulit hitam yang mengkombinasi kan warna musik Jazz dengan musik Blues, dan kemudian ditambahkan unsur ritme berupa beat yang di ekspose didalamnya.

Sejarah Musik R&B Tahun1940-an
Dalam sejarah musik r&b, musik r&b dibagi ke dalam 4 bagian besar, yaitu Early R&B, Motown dan Soul, Funk dan Disko, dan juga Dance dan Rap. Sejarah musik r&b berlanjut ke akhir tahun 1940, di tahun ini RCA Victor memasarkan black musik dengan istilah “Blues and Rhytm”. Dan di tahun ini mulai berkembang jenis musik yang didasarkan pada ritme Boogie-Woogie yang kemudian dinamakan Jump Blues. Banyak musisi yang mengusung jenis musik ini seperti Lousi Jordan yang mendominasi tangga lagu Billboard di tahun ini juga dengan lima lagunya. Dan kemudian berlanjut ke 1949 dimana istilah Rhytm and Blues mulai menggantikan kategori Harlem Hit Parade di tangga lagu Billboard, dan yang mendominasi tangga lagu di tahun itu adalah lagu “The Huckle Buck” milik Paul Williams.

Sejarah Musik R&B Tahun 1950-an
Kemudian di tahun 1950-an, sejarah musik r&b disini Johnny Otis banyak mengeluarkan lagu dan mulai mendominasi tangga lagu. Sejarah musik r&b di tahun 1951 juga muncul seorang penyiar radio yang bernama Alan Freed yang sering memainkan lagu r&b di acara radionya, dia mendeskripsikan r&b yang dimainkannya sebagai rock ‘n roll. Di tahun ini juga muncul beberapa musisi r&b seperti Little Richard yang menarik seluruh perhatian dunia karena jenis musik r&b yang baru, lebih cepat dan funky.

Sejarah musik r&b berlanjut ke tahun 1960-an dimana para musisi dari Motown records milik Berry Goody mendominasi pasar musik r&b. beberapa artisnya yang terkenal seperti The Temptations, Diana Ross and The Supremes, Smokey Robinson dan The Miracles. Di tahun ini juga musik r&b dikatakan sebagai musik soul oleh orang kulit putih, jenis musik ini dinamakan blue eyed soul.

Sejarah Musik R&B Tahun 1980-an
Dalam sejarah musik r&b muncul pula Contemporary R&B yang merupakan jenis musik dari gabungan jenis musik seperti rhytm and blues, pop, soul, funk dan hip hop. Musik ini muncul setelah menghilangnya musik disko di tahun 1980-an.

Sejarah musik r&b berlanjut disaat adanya transisi dari musik soul ke musik r&b di tahun 1980-an. Muncul beberapa musisi yang mengambil alih tangga alau seperti Michael Jackson dan juga Prince. Album Michael Jackson yang berjudul “Thriller” menjadi salah satu album yang paling banyak terjual di seluruh dunia. Di sini juga muncul beberapa penyanyi r&b wanita seperti Whitney Houston dan juga Janet Jackson yang meraih kepopuleran di akhir dekade 1980-an. Selain itu, muncul juga New Edition, yang akhirnya menjadi prototype dari boyband seperti Backstreet Boys dan New Kids Ont The Block.

Sejarah Musik R&B Tahun 1990-an
Sejarah musik r&b berlanjut di tahun 1990-an dengan munculnya grup musik bernama Boyz II Men yang mempopulerkan jenis musik classic-sou vocal harmony. Kemudian ada Babbyface yang merupakan produser dari Janet Jackson, karir Babyface sebagai penyanyi solo berkembang dengan membawakan lagu-lagu dengan jenis musik R&B yang halus. Sejarah musik r&b di tahun 1990-an juga berkembang jenis musik r&b yang digabungkan dengan musik hip hop, yang kemudian dinamakan hip hop soul. penyanyi-penyanyi yang membawakan jenis musik ini seperti Mary J. Blige, Aaliyah, R Kelly, dan Brandy.

Sejarah Musik R&B Tahun 1990-an – 2000-an
Sejarah musik r&b berlanjut, dari tahun 1990-an sampai 2000-an kemudian banyak bermunculuan para musisi r&b baik grup maupun solo, namun yang lebih dominan adalah penyanyi solonya, seperti Jennifer Lopez dan grup NSYNC. Selain itu ada juga Britney Spears, Gwen Steffany dan Pink. Di athun 2000-an pencampuran antara musik r&b dan hip hop semakin berkembang artis-artis yang terkenal di tahun 2000-an seperti Usher, Beyonce dan juga Mariah Carey. Dan tentunya masih banyak artis-artis r&b yang meraih kepopuleran dari tahun 2000-an sampai saat ini.