Apa yang Dimaksud Keselarasan Sosial?

ASTALOG.COM – Keselarasan sosial adalah suatu kondisi di mana hubungan-hubungan sosial berjalan secara tertib dan teratur menurut nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Keselarasan sosial timbul dari hasil hubungan yang selaras dan serasi di antara interaksi sosial, nilai sosial, dan norma sosial. Artinya, hak dan kewajiban diwujudkan dengan norma dan tata aturan yang berlaku.

Keselarasan sosial tidak terjadi dengan sendirinya. Harus ada upaya yang sungguh-sungguh dari setiap warga masyarakat untuk mewujudkannya. Misalnya , norma yang di anut dalam masyarakat adalah membuang sampah pada tempatnya.

Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Keselarasan Sosial
Keteraturan sosial adalah suatu keadaan dimana hubungan-hubungan sosial yang berlangsung diantara anggota masyarakat berlangsung selaras, serasi, dan harmonis sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat. Susasana masyarakat yang teratur menunjukkan bahwa setiap melakukan tugas dan kewajibannya sesuai dengan aturan yang berlaku. Keteraturan sosial akan mewujudkan suasana permukiman yang penduduknya aman, tenteram, rukun, saling menghargai, saling menghormati dan bergotong royong.

Unsur-unsur Keteraturan Sosial
Unsur-unsur keteraturan sosial, antara lain berikut ini:
1. Tertib sosial, bila terjadi keselarasan antara tindakan anggota masyarakat dengan nilai dan norma yang berlaku didalam masyarakat tersebut.
2. Order adalah suatu sistem norma dan nilai yang diakui dan dipatuhi oleh masyarakat.
3. Keajegan adalah suatu keadaan yang memperlihatkan kondisi keteraturan sosial yang tetap dan berlangsung secara terus menerus.
4. Pola adalah bentuk umum suatu interaksi sosial.

Pada interaksi sosial terkalin hubungan erat yang akan menciptakan keselarasan sosial. Oleh karena itu, interaksi sosial berpengaruh besar terhadap terbentuknya keselarasan sosial masyarakat yang bersangkutan. Melalui interaksi sosial, manusia saling bekerja sama, menghargai, menghormati, hidup rukun, dan gotong royong. Sikap-sikap tersebut mampu menciptakan keteraturan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat yang mendorong munculnya keselarasan sosial.

Keteraturan sosial merupakan suatu kondisi yang sendi-sendi kehidupan bermasyarakatnya berjalan tertib dan teratur sehingga tujuan kehidupan bermasyarakatnya dapat tercapai.

“Keselarasan sosial merupakan ciri khas Indonesia dalam keragaman meliputi keseimbangan antar berbagai aspek dalam diri individu dan keseimbangan antara individu dengan lingkungan sekitarnya. Nilai keselarasan sosial terbukti juga mengemuka sebagai salah satu ciri umum masyarakat Indonesia dari kacamata budaya asing,” papar Hana Panggabean saat orasi ilmiah Merawat Keselarasan Sosial Menuju Keunggulan Global pada pengukuhan sebagai Guru Besar Fakultas Ilmu Psikologi Industri dan Organisasi di kampus Universitas Katholik Atmajaya, Jakarta.