Sebutkan Negara yang Mnediami Benua Australia

ASTALOG.COM – Pada peta dunia, Benua Australia adalah salah satu dari 5 benua yang sangat mudah teridentifikasi karena letaknya yang berada di belahan Bumi selatan dan berdekatan dengan Indonesia.

Dibanding dengan benua lain, Benua Australia memiliki topografi paling rata. Perubahan ketinggian tempat tidak terjadi sampai jarak ratusan kilometer. Sebagian besar bentang alam benua adalah plato rendah. Pada sisi barat dan timur terdapat dataran rendah pantai.

Benua Australia terletak di sebelah Selatan Benua Asia. Secara astronomis, benua ini terletak di antara ± 11°LS – 44°LS dan ± 115°BT – 153°BT. Luas Australia mencapai ±7.682.300 km² atau hanya sekitar 5,2% wilayah daratan dunia dengan batas-batas wilayah berikut ini.

1. Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Timor (Timor Leste) dan Laut Arafuru (Indonesia).
2. Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Laut Tasman.
3. Sebelah Barat dan Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.
Benua Australia hanya memiliki satu negara, yaitu negara Australia. Selain wilayah negara di daratan atau benua, negara Australia juga mempunyai beberapa wilayah pulau, yaitu Pulau Cocos, Christmas, dan Macquarie.

Iklim
Berbagai jenis iklim yang terdapat di Australia disebabkan pengaruh faktor garis lintang wilayah, arus samudera, jarak dari pantai, keadaan suhu dan angin, serta bentang alam. Berdasarkan garis lintangnya. Australia mempunyai iklim yang bervariasi antara bagian utara dan bagian selatan.

1. Bagian utara beriklim tropis dengan suhu udara rata-rata 21 derajat C sampai 27 derajat C, sedangkan bagian selatan beriklim subtropis dan iklim sedang dengan suhu sekitar 5 derajat C pada musim dingin, dengan rata-rata suhu tahunan berkisar antara 16 derajat C dan 21 derajat C.

2. Di wilayah bagian tengah udaranya lebih kering dan berupa gurun pasir serta curah hujannya sedikit. Curah hujan yang paling banyak terjadi adalah dibagian timur dan utara. Bagian selatan Victoria dan Tasmania mempunyai iklim laut dengan suhu udara yang sejuk dan hujan turun pada musim dingin.

3. Di hulu lembah sungai Murray serta barat daya Australia terdapat iklim mediterania yang panas dan kering pada musim panas, tetapi sejuk dan basah pada musim dingin.

Flora dan Fauna
Kebanyakan tanaman dan hewan Australia hanya dijumpai di Australia. Untuk jenis tanaman, pohon kayu eukaliptus merupakan jenis tanaman yang paling banyak ditemui di Australia. Tidak kurang dari 569 jenis pohon eukaliptus dan 772 jenis pohon akasia tersebar di berbagai kondisi iklim dan tempat di Australia. Mallee adalah kawasan hutan yang terdiri atas pohon-pohon eukaliptus rendah dan berdahan banyak serta dijumpai di dekat padang pasir.

Fauna khas Australia dapat digolongkan atas hewan marsupial dan monotrem. Hewan marsupial adalah hewan berkantung. Contohnya adalah koala dan kanguru. Adapun monotrem adalah jenis hewan-hewan yang bertelur, tetapi menyusui anaknya seperti hewan mamalia. Contohnya adalah platypus. Selain itu, kawasan gurun Australia juga menyimpan potensi fauna sejenis reptil berupa ular dan biawak yang hidup di kawasan gurun, bahkan Australia tercatat memiliki berbagai jenis biawak dan ular terbanyak di dunia.

Negara yang Mendiami Benua Australia
Berikut adalah beberapa negara yang mendiami benua Ausralia

Australia, dengan nama ibukotanya adalah Canberra.
American Samoa, dengan nama ibukotanya adalah Pago-pago.
Cook Island, dengan nama ibukotanya adalah Avarua.
French Polynesia, dengan nama ibukotanya adalah Papeete.
Fiji, dengan nama ibukotanya adalah Suva.
Guam, dengan nama ibukotanya adalah Hagatna.
Karibati, dengan nama ibukotanya adalah South Tarawa.
Kepulauan Solomon, dengan nama ibukotanya adalah Honiara.
Marshall Island, dengan nama ibukotanya adalah Majuro.
Micronesia, dengan nama ibukotanya adalah Palikir.
Nauru, dengan nama ibukotanya adalah Yaren.