Sheet Erosio di Sebut Juga?

ASTALOG.COM – Sheet erosi atau erosi lembar merupakan salah satu jenis dari erosi. Pengertian erosi sendiri adalah suatu proses di mana tanah dihancurkan dan kemudian dipindahkan ke tempat lain oleh kekuatan angin, air atau gravitasi. Di Indonesia, erosi yang terpenting adalah yang disebabkan oleh air.

Erosi pada umumnya terjadi oleh akibat hujan dan angin. Erosi hujan bermula dari turunnya hujan. Erosi juga terjadi di sepanjang tebing sungai, dimana kecepatan aliran tinggi dan tahanan material tanggul rendah. Banjir yang berkepanjangan dan diikuti proses degradasi yang lain, juga membuat tebing sungai harus dilindungi.

Terjadinya pipa – pipa di dalam tanah akibat terangkutnya butiran – butiran halus tanah oleh rembesan ( disebut piping ), atau mata air yang keluar dari permukaan tanah, juga merupakan bentuk lain dari erosi yang dalam hal ini diakibatkan oleh rembesan dan munculnya air dari permukaan lereng yang tidak dilindungi.

Pengertian Sheet Erosio atau Erosi Lembar
Erosi lembar adalah erosi yang terjadi ketika lapisan tipis permukaan tanah di daerah berlereng terkikis oleh kombinasi air hujan dan air larian yang mengalir di permukaan tanah secara merata sehingga partikel-partikel tanah yang hilang merata di permukaan tanah yang menyebabkan permukaan tanah menjadi lebih rendah secara merata. Erosi ini terjadi bila permukaan tanah memiliki ketahanan terhadap erosi yang relatif seragam.

Proses Terjadinya Erosi Lembar
Erosi lembar merupakan bentuk erosi yang terjadi setelah erosi percik (splash erosion). Erosi lembar dapat terlihat secara jelas didaerah yang relatif seragam permukaannya dan daerah yang memiliki potensi besar mengalami erosi kulit adalah daerah dengan komposisi lapisan permukaan tanah atas yang rentan atau terletak di atas lapisan bawah yang sulit lepas, bentuk erosi ini lebih banyak terjadi di lahan-lahan berombak tanpa tanaman penutup. Pemindahan tanah terjadi lembar demi lembar (lapis demi lapis) mulai dari lapisan yang paling atas. Erosi ini sepintas lalu tidak terlihat, karena kehilangan lapisan-lapisan tanah yang seragam, tetapi dapat berbahaya karena pada suatu saat seluruh top soil akan habis. Besar kecilnya tenaga penggerak terjadinya erosi kulit ditentukan oleh kecepatan dan ke dalaman air larian, Jika curah hujan melebihi infiltrasi, maka akan terbentuk sebuah lapisan tipis permukaan air dengan kedalaman 2-3 mm.

Dampak Sheet Erosio atau Lembar Erosi
Berikut beberapa dampak yang terjadi yang disebabkan oleh lembar erosi atau sheet erosio

1. Akan mempengaruhi produktivitas lahan karena nutrisi didalam top soil sudah terbawa.
2. Bahan-bahan organik didalam tanah menghilang dan menyebabkan penurunan vegetasi.
3. Erosi juga dapat mengakibatkan pemindahan benih atau bibit dan mengurangi kemampuan tanah untuk menyimpan air untuk tanaman.
4. Agregat tanah memecah dan banyak tanah mulai membentuk kerak.