Sebutkanlah yang Termasuk dalam Seni Arsitektur

Loading...

ASTALOG.COM – Arsitektur atau snei arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Berdasar Ilmu Pengetahuan:
1. Arsitektur adalah karya manusia dan untuk kehidupan manusia pula (sumber: Yayasan Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan Arsitektur, Made AL, Ark. Djauhari S, Bandung, 1981)
2. Arsitektur adalah mendirikan bangunan dilihat dari segi keindahan (sumber:Bouwkondige Encyclopedia)
3. Arsitektur adalah suatu perpaduan praktek seni dengan rangka-rangka yang komplek dari faktor masyarakat, teknologi, iklim, dan ekonomi.(Ben Farmer, Comoditie)
4. Arsitektur adalah seni mendesain bangunan yang baik, bangunan yang atraktif, terencana dengan baik, dan terbangun dengan baik, dan keduanya sesuai dan berarti untuk kalangan masyarakat.(Ben Farmer: Needs and Means)

Pengertian Seni Arsitektur Menurut Beberapa Ahli
Simak beberapa pengertian seni arsitektur menurut beberapa ahli

1. Marcus Pollio Vitruvius
Kesatuan dari kekuatan/kekokohan (firmitas), keindahan (venustas), dan kegunaan/fungsi (utilitas)

2. Banhart CL. Dan Jess Stein
Arsitektur adalah seni dalam mendirikan bangunan termasuk didalamnya segi perencanaan, konstruksi, dan penyelesaian dekorasinya; sifat atau bentuk bangunan; proses membangun; bangunan dan kumpulan bangunan

BACA JUGA:  Contoh Laporan Informal

3. Van Romondt
Arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia dengan bahagia. Ruang berarti menunjuk pada semua ruang yang terjadi karena dibuat oleh manusia atau juga ruang yang terjadi karena proses alam seperti gua, naungan pohon dan lain-lain

4. Robert Gutman
Arsitektur sesungguhnya merupakan kulit ketiga manusia. Arsitektur merupakan lingkungan buatan yang bukan saja menjembatani antara manusia dengan lingkungan melainkan sekaligus merupakan wahana ekspresi kultural untuk menata kehidupan jasmaniah,psikologis dan sosial manusia.

5. Claudil
Arsitektur adalah sesuatu yang bersifat personal, menyenangkan dan memerlukan pengalaman. Arsitektur adalah hasil persepsi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk. Ada tiga pengalaman arsitektur: aspek fisikal, emosional dan kebutuhan intelektual

6. Francis DK Ching
Arsitektur membentuk suatu tautan yang mempersatukan ruang, bentuk, teknik dan fungsi.

7. Amos Rappoport
Arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia, yang lebih dari sekedar fisik, tapi juga menyangkut pranata-pranata budaya dasar. Pranata ini meliputi: tata atur kehidupan sosial dan budaya masyarkat, yang diwadahi dan sekaligus memperngaruhi arsitektur

8. JB. Mangunwijaya
Arsitektur sebagai vastuvidya (wastuwidya) yang berarti ilmu bangunan. Dalam pengertian wastu terhitung pula tata bumi, tata gedung, tata lalu lintas (dhara, harsya, yana)

BACA JUGA:  Faktor Yang Mempengaruhi Pemekaran Provinsi

Contoh Seni Arsitektur
Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat bentuk dari seni arsitektur pada beberapa contoh dibawah ini

1. Metropol Parasol
Metropol Parasol yang merupakan bagian dari Plaza de la Encarnacíon di Seville.
Bangunan ini baru selesai dibangun tahun ini setelah lima tahun pembangunan. Uniknya bangunan ini terbuat dari kayu, menjadikan bangunan ini sebagaian salah satu seni instalasi kayu terbesar di dunia.
Bangunan ini berbentuk seperti sarang lebah, di dalamnya terdapat museum arkeologi, pasar petani, dan atap panoramic. Struktur berlubang nya menawarkan keteduhan bagi pengunjung.

Perancangnya, Jürgen H. Mayer, mengatakan, “Bentuk bangunan ini terinspirasi oleh kubah katedral Sevilla”, hasil karyanya ini disebut katedral tanpa dinding. Desainnya sendiri memadukan antara kayu dan besi.

2.DENVER
Bagi mereka yang mengagumi karya awal Daniel Libeskind itu, lintasan baru-baru ini telah menyakitkan untuk menonton. Setelah melonjak ke ketenaran pada tahun 1999 dengan bentuk zig-zag menggugah Museum Yahudi di Berlin, ia telah menderita penghinaan dalam perannya sebagai perencana master di ground zero, tidak begitu banyak untuk desain sebagai penolakan yang konsisten untuk berdiri untuk itu. Dan bangunan terburuknya, seperti sebuah museum perang 2002 di Inggris menyarankan pecahan bola dunia patah, bisa tampak seperti karikatur estetika sendiri.

BACA JUGA:  Pengertian Kalimat Non Formal, Kalimat Formal dan Contohnya

3. Masjid Rahmatan Lil-Alamin
Masjid Rahmatan lil Alamin dibangun di Kampus Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Mesjid ini sangat megah. Masjid ini bisa disebut sebagai salah satu mesjid terbesar di dunia yang berukuran 6 hektar dan berlantai 6 dengan kapasitas mencapai 100.000 orang.

4. Bangunan romawi
Arsitektur romawi dalam membuat bangunan menggunakan teknik yang belum dikenal oleh bangsa Yunani dan masih digunakan oleh bangsa-bangsa sesudahnya, termasuk di zaman sekarang, yaitu teknik cor beton. Bisa dibayangkan bagaimana teknik ini digunakan pada saat bangsa lain masih menggunakan tumpukan batu atau batu bata dengan menggunakan semacam aci sebagai perekatnya. Seni bangunan yang didirikan oleh bangsa Romawi tidak hanya berfungsi sebagai bangunan peribadatan keagamaan, tetapi sebagai bangunan yang bersifat keduniawian. Sampai sekarang bangunan-bangunan kuno hasil kreativitas bangsa Romawi ini masih bisa dilihat, berdiri kokoh laksana bangunan yang dibuat setelah abad 20.

5. Masjid Islamic Centre, Samarinda
Masjid Islamic Centre, Samarinda terletak di Jl Slamet Riyadi, Samarinda, Kalimantan Timur. Bangunan masjid ini memiliki kubah utama dan ornamen-ornamen keemasan yang amat cantik. Sumber inspirasi desain masjid yang amat besar ini berasal dari Masjid Nabawi yang bersuasana religius di Madinah dipadukan dengan Masjid Agung yang artistik di Turki.