Apa Kegunaan Kapal Selam?

Loading...

ASTALOG.COM – Awalnya kapal selam digunakan sebagai salah satu mesin perang nan sangat strategis, berbagai jenis kapal selam dibuat buat mendukung perang nan saat itu sdang berlangsung. Penggunaan kapal selam, dengan alasan sebab kapal selam bisa beroperasi nyaris tanpa jejak. Kapal selam mampu mengangkut persenjataan nan lengkap, terutama roket, rudal, dan torpedo. Tak jarang, kapal selam militer dibekali dengan senjata nuklir.

Pada masa damai, kapal selam tidak lagi hanya digunakan sebagai mesin perang . Kapal selam banyak digunakan buat kepentingan penelitian dan ilmu pengetahuan. Penelitian dan penelusuran bagian bahari nan sangat dalam bisa dilakukan oleh kapal selam dengan lebih mudah dan lebih aman. Bahkan pada perkembangannya kini banyak dibuat kapal selam mini nan hanya memuat dua orang saja, bahkan ada kapal selam tanpa awak nan dikendalikan dari jeda jauh.

Kapal Selam Menurut Fungsinya
Dilihat dari fungsinya, kapal selam bisa dibedakan menjadi kapal selam nonmiliter dan kapal selam militer.

a. Kapal Selam Nonmiliter
Kapal selam nonmiliter merupakan kapal selam nan digunakan buat kepentingan kemanusiaan, seperti penelitian bawah air, menangkap ikan, bahkan buat wisata bawah laut.

BACA JUGA:  Prinsip - prinsip Pengawetan Pangan

b. Kapal Selam Militer
Kapal selam militer dilengkapi dengan berbagai peralatan dan persenjataan pendukung seperti torpedo, meriam kanon, rudal anti pesawat, rudal penjelajah, juga rudal balistik antar benua.

Berikut ini beberapa jenis kapal selam militer.
1. Virginia Class
Kapal selam protesis Amerika perkumpulan ini dapat meluncur hingga kecepatan 25 knot. Sistem persenjataan nan dimiliki antara lain: Rudal Tomahawk, torpedo, dan ranjau laut.

2. Akula II Class
Kapal selam ini dibuat pada zaman perang dingin oleh Uni Soviet (sekarang Rusia). Kecepatannya mencapai 12 knot, persenjatannya antara lain: senapan otomatis 650 mm, torpedo, dan ranjau laut.

3. Seawolf Class
Kapal selam ini protesis Amerika, memiliki kecepatan hingga 18 knot, dilengkapi dengan senapan otomatis 660 mm, torpedo, rudal jelajah, dan ranjau laut.

4. Astute Class
Kapal selam nan dapat mencapai kecepatan 29 knot ini ialah protesis Inggris. Memiliki persenjataan antara lain: rudal jelajah Tomahawk, harpoon anti torpedo dan anti rudal, torpedo, dan ranjau laut.

5. Type 093 Shang Class
Ini ialah kapal selam protesis Cina. Dapat meluncur hingga kecepatan 35 knot, dipersenjatai dengan rudal anti kapal serta torpedo.

BACA JUGA:  3 Kriteria Untuk Menghitung Kualitas Penduduk di Suatu Negara

6. Trafalgar Class
Satu lagi kapal selam protesis Inggris. Kecepatannya mencapai 30 knot, memiliki rudal jelajah Tomahawk, torpedo, dan rudal harpoon anti rudal permukaan.

7. Sierra Class
Walaupun kecepatannya hanya mencapai 10 knot, tetapi sistem persenjatannya cukup lengkap. Kapal selam protesis Uni Soviet ini memiliki senjata anti rudal, rudal jelajah Samson, torpedo, dan ranjau laut.

8. Victor III Class
Masa Perang Global II hingga masa perang dingin menjadikan Amerika dan Uni Soviet saling berlomba dalam membuat perlengkapan tempur nan diharap dapat mengalahkan lawannya. Kapal selam protesis Soviet ini mampu meluncur hingga kecepatan 32 knot, dilengkapi dengan senjata anti kapal selam, rudal jelajah Samson, rudal Stalion, Torpedo, dan ranjau laut.

9. Rubis Class
Ini ialah kapalselam protesis Perancis. Kecepatannya mencapai 25 knot dan dipersenjatai dengan anti kapal selam, torpedo, dan ranjau laut.

10. Los Angeles Class
Kapal selam protesis Amerika ini mampu meluncur hingga kecepatan 20 knot, dilengkapi dengan rudal Tomahawk, rudal anti kapal Harpoon, ranjau laut, dan anti ranjau.

11. Kilo
Kapal selam ini protesis Rusia. Memiliki kecepatan 16 knot saat menyelam dan 12 knot ketika ada di permukaan serta dilengkapi dengan torpedo. Kapal selam bermesin diesel ini telah diekspor ke berbagai negara.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud Cakram Warna?

12. Type 209
Kapal selam diesel ini dibuat di Jerman. Memiliki kecepatan hingga 22 knot dan dipersenjatai dengan torpedo.

13. Typhoon
Merupakan kapal selam protesis Rusia nan terbesar di global saat itu (tahun 1980-an). Kapal selam bertenaga nuklir ini bisa meluncur hingga kecepatan 24 knot. Persenjataan nan dimilikinya antara lain ialah rudal balistik Sturgeon, serta torpedo.

14. Ohio
Merupakan kapal selam protesis amerika nan menjadi saingan langsung Typhoon-nya Rusia. Sama-sama bertenaga nuklir dan memiliki rudal balistik nan setara dengan Sturgeon yaitu rudal balistik Trident serta torpedo. Kapal selam ini mampu meluncur hingga kecepatan 20 knot.

Selain beberapa tipe kapal di atas, terdapat jenis kapal tongkang atau pontoon, yaitu suatu jenis kapal nan dengan lambung datar atau suatu kotak besar nan mengapung, digunakan buat mengangkut barang dan ditarik dengan kapal tunda atau digunakan buat mengakomodasi pasang-surut seperti pada dermaga apung.