Siapa Nama Penemu Termos

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Termos adalah sebuah botol yg diberi dinding dalam rangkap yang dirancang membentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula. Termos biasa digunakan untuk menyimpan air panas. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat.

Dengan kata lain, radiasi panas yang dipancarkan oleh air mendidih ini tadi dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan mengkilap ini. Dengan demikian, air panas tersebut dapat bertahan dalam termos ini dalam beberapa hari.

Penemu Termos
Penemuan termos telah membuat suatu perubahan yang berarti sejak tahun 1904. Kemajuan teknologi yang stabil dan pengembangan produk baru yang terus digali telah membuat termos memimpin industri selama hampir satu abad.

Termos diciptakan oleh Sir James dewar pada tahun 1892, beliau adalah seorang ilmuwan di Universitas Oxford, “termos” pertama kali diproduksi secara komersial pada tahun 1904, ketika peniup dua gelas Jerman membentuk GmbH Thermos, masyarakat mengadakan kontes nama untuk “guci hampa”(Vacuum flask), lalu penduduk Munich menamainya “termos” yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “Therme” yang artinya “panas”.

Pada tahun 1907 GmbH termos menjual hak merek dagang termos kepada tiga perusahaan independen yaitu: The American Thermos Bottle Company of Brooklyn, NY; Thermos Limited of Tottenham, England; Canadian Thermos Bottle Co. Ltd. of Montreal, Canada. Termos menjadi begitu populer dan dikenal setelah di bawa oleh beberapa banyak ekspedisi yang terkenal diantaranya yaitu:

Letnan. E.H. “Perjalanan Shackleton ke Kutub Selatan”,
Robert E. Peary “Perjalanan ke Kutub Utara”,
Kolonel Roosevelt “Ekspedisi ke Mombassa dan ke jantung Kongo Afrika” bersama Richard Harding Davis.
Wright Bersaudara “pesawat dan Zeppelin”

Termos dipuji di seluruh dunia karena desain revolusionernya. Pada tahun 1909 termos memenangkan “Grand Prize Award” di Pameran Alaska Yukon Pasifik dan dihormati untuk tujuh pameran lain di dunia.

Pada tahun 1911 Termos membuat terobosan teknologi dengan memproduksi mesin pertama pembuat kaca filler. Sampai saat ini termos terkenal dalam teknologi vakum kaca di dunia.

Pertumbuhan popularitas termos semakin membesar dengan diproduksinya mesin pembuat kaca pengisi, . Pada tahun 1923 termos telah memperkenalkan 24 Nomor pint berukuran “Blue Bottle” dan termos nasi berukuran besar dengan nama “Jumbo Jug”.

Pada tahun 1966diperkenalkan botol termos pertama di dunia dengan nama stainless steel vakum. Produk ini akan merubah cara penyimpanan bahan makanan atau minuman baik dingin atau panas dis eluruh dunia.

Pada tahun 1971 produk termos telah diekspor ke lebih dari 100 negara.tahun 1985 adalah tahun sukses bagi termos dengan memperkenalkan teko kopi “The Coffee Butler”. Vakum ini mengisolasi teko kaca dan meggebrak pasar waktu itu dan menjadi salah satu produk peralatan rumah tangga teratas di Amerika Utara.