Mesosfer Adalah

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Mesosfer adalah lapisan udara ketiga, di mana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga ke lapisan keempat, termosfer.

Udara yang terdapat di sini akan mengakibatkan pergeseran berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu yang tinggi.

Mesosfer memiliki suatu lapisan yang mengandung ion dan udara yang disebut lapisan D, yaitu pada ketinggian 50 km – 70 km dari permukaan bumi. Lapisan D ini terbentuk karena adanya pertemuan antara sinar ultraviolet matahari dengan partikel elektron bermuatan listrik. Pada ketinggian 50 km dari permukaan bumi, suhunya sudah menginjak angka 0 derajat celcius, dan akan terus menurun pada tempat yang lebih tinggi. Suhu sangat rendah pada lapisan ini memungkinkan terbentuknya kristal es.

Lapisan Mesosfer mempunyai peranan negative dan positif . Di satu sisi dia berjasa melindungi bumi dari bombardir meteor, bila tidak ada lapisan ini maka setiap saat benda-benda luar angkasa akan berjatuhan ke bumi dan mengancam keselamatan umat manusia. tapi di sisi lain Lapisan Mesosfer bisa juga membakar pesawat luar angkasa yang kita luncurkan dengan biaya jutaan dolar. Salah satu untuk mengakalinya adalah badan pesawat ulang-alik/satelit dilapisi bahan-bahan yang tahan panas, seperti berilium, tungsten, karbon-karbon reinforsi dan karbon ablatif sehingga tahan dari gaya gesek nan hot dari Lapisan Mesosfer. Sehingga perlu biaya ekstra yang dikeluarkan.

Fungsi dari Lapisan Mesosfer
Berikut adalah fungsi dari lapisan mesosfer bagi bumi :

1. Sebagai penghalau meteor dan benda langit yang masuk ke bumi
Fungsi lapisan mesosfer ini sangat vital dan penting bagi kehidupan manusia karena di lapisan inilah meteor dan benda langit lainnya akan terbakar jika masuk ke bumi. Hal ini disebabkan karena di lapisan mesosfer terdapat udara yang bertekanan tinggi sehingga ketika ada meteor atau benda langit masuk ke bumi akan langsung bergesekan dan terbakar. Biasanya meteor hanya akan sampai pada lapisan ini. jadi, bisa dibayangkan jika bumi tidak memiliki lapisan yang satu ini? ya, tentu saja mungkin tidak akan terjadi kehidupan di bumi karena jumlah benda langit yang masuk ke bumi sangat besar jumlahnya.

Namun, mungkin anda pernah melihat berita bahwa ada lubang yang disebabkan oleh meteor yang jatuh di bumi? Ini disebabkan karena ukuran meteor tersebut sangat besar sehingga pada pembakaran yang terjadi di mesosfer tidak cukup hingga mampu menembus bumi.

2. Sebagai penghantar gelombang
Selain untuk menghalau meteor yang jatuh ke bumi, mesosfer juga memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai penghantar gelombang elektromagnetik. Hal ini dikarenakan pada lapisan mesosfer terdapat atom-atom yang terionisasi sehingga bisa memantulkan gelombang elektromagnetik seperti sinyal radio, televisi dan telepon. Karenanya lapisan mesosfer juga kerap kali disebut dengan bagian unsur unsur geosfer seperti lapisan ionosfer. Dengan adanya lapisan ini manusia dapat membuat teknologi canggih seperti radio, televisi, telepon genggam dan juga komputer.