Sebutkan Jenis-jenis Mangrove

Loading...

ASTALOG.COM – Mangrove merupakan karakteristik dari bentuk tanaman pantai, estuari atau muara sungai, dan delta di tempat yang terlindung daerah tropis dan sub tropis. Dengan demikian maka mangrove merupakan ekosistem yang terdapat di antara daratan dan lautan dan pada kondisi yang sesuai mangrove akan membentuk hutan yang ekstensif dan produktif.Karena hidupnya di dekat pantai, mangrove sering juga dinamakan hutan pantai, hutan pasang surut, hutan payau, atau hutan bakau.

Istilah bakau itu sendiri dalam bahasa Indonesia merupakan nama dari salah satu spesies penyusun hutan mangrove yaitu Rhizophora sp. Sehingga dalam percaturan bidang keilmuan untuk tidak membuat bias antara bakau dan mangrove maka hutan mangrove sudah ditetapkan merupakan istilah baku untuk menyebutkan hutan yang memiliki karakteristik hidup di daerah pantai.

Mangrove lebih dikenal dengan sebutan hutan mangrove yaitu hutan yang tumbuh di air payau,dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

BACA JUGA:  Landasan Hukum Impeachment di Indonesia

Ekosistem hutan bakau bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah; salinitas tanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi, seperti yang dilansir dari wikipedia.

Jenis-jenis Mangrove
=Hutan mangrove atau hutan bakau yang paling umum di temui ada ada 4 jenis. Tanaman bakau biasanya di jumpai di daerah yang tergenang seperti di tepi pantai, di rawa-rawa berlumpur, ataupun di tepi-tepi sungai.

Macam-macam jenis hutan Mangrove antara lain adalah:
1. Rhizophoraceae (Pohon Bakau)

BACA JUGA:  Negara yang Dijuluki Negeri 1001 Malam

Keluarga Bakau terdiri dari :
a. Bakau / Stilted Mangrove (Rhizhophorz)
b. Tancang / Orange Mangrove (Bruguiera)
c. Tangere / Yellow Mangrove (Ceriops)

2. Sonneratiaceae (Perepat / Gogem)
Jenis Sonneratiaceae hanya ada satu, yaitu Sonneratia (Mangrove apple), yang hidup di area yang terendam 10-19 kali perbulan.

3. Avicenniaceae (pohon api-api)
Jenis Api-api juga terdiri satu jenis, yaitu Avicennia (white / Grey mangrove)yang juga hidup di area yang terendam 10-19 kali perbulan. Jenis Api-api banyak tumbuh di daerah paling dekat dengan laut dengan media tumbuh tanah yang agak berpasir.

4. Famili Meliaceae (Nyirih)
Jenis nyirih ini ada dua jenis, yaitu Xylocarpus dari Keluarga Nypa spp yang dapat di temui di area yang masih dipengaruhi pasang surut. Dan Hibiscus spp yang mendominasi area yang terendam secara musiman.

BACA JUGA:  Bagian-bagian Ginjal dan Fungsinya

Penyebaran Hutan Mangrove
Penyebaran hutan mangrove terbatas dari daerah tropika sampai 320 LU dan 380 LS. Menurut Chapman (1975a), penyebaran hutan mangrove di dunia dibagi ke dalam dua kelompok yaitu :

1. The Old World Mangrove yang meliputi Afrika Timur, Laut Merah, India, Asia Tenggara, Jepang, Filipina, Australia, New Zealand, Kepulauan Pasifik dan Samoa. Kelompok ini disebut pula Grup Timur.

2. The New World Mangrove yang meliputi pantai Atlantik dari Afrika dan Amerika, Meksiko, dan pantai Pasifik Amerika dan kepulauan Galapagos. Kelompok ini disebut pula Grup Barat.