Apa yang Dimaksud Modernisasi?

Loading...

ASTALOG.COM – Modernisasi merupakan suatu proses perubahan yang menuju pada tipe sistem-sistem sosial, ekonomi, dan politik yang telah berkembang di Eropa Barat dan Amerika Utara pada abad ke-17 sampai 19. Sistem sosial yang baru ini kemudian menyebar ke negara-negara Eropa lainnya serta juga ke negara-negara Amerika Selatan, Asia, dan Afrika.

Pengertian Modernisasi
Modernisasi adalah suatu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat di berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa modernisasi adalah proses perubahan dari cara-cara tradisional ke cara-cara baru yang lebih maju dalam rangka untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Sebagai suatu bentuk perubahan sosial, modernisasi biasanya merupakan bentuk perubahan sosial yang terarah dan terencana. Perencanaan sosial (social planning) dewasa ini menjadi ciri umum bagi masyarakat atau negara yang sedang mengalami perkembangan. Suatu perencanaan sosial haruslah didasarkan pada pengertian yang mendalam tentang bagaimana suatu kebudayaan dapat berkembang dari taraf yang lebih rendah ke taraf yang lebih maju atau modern.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Mengatasi Kelangkaan Minyak dan Batubara?

Pengertian Modernisasi Menurut Ahli
Berikut beberapa penngertian dari modernisasi menurut para ahli

Arif Furtonutely:
Menurut Arif Furtonutely, bahwa pengertian westernisasi adalah arus besar dalam dimensi politik, sosial, kultur, budaya, pengetahuan dan seni untuk mengubah karakter kehidupan bangsa-bangsa di dunia secara umum dan negara-negara Islam khususnya menjadi paham-paham Barat.

Eka Gunawan:
Pengertian Westernisasi menurut Eka Gunawan dalam bukunya Modernisasi, Westernisasi, Sekuiarisasi bahwa pengertian westernisasi adalah sebagai suatu proses peniruan oleh suatu masyarakat/Negara tentang kebudayaan Negara-negara barat yang dianggap lebih baik dari pada kebudayan negara sendiri.

Achmad Suparman:
Pengertian Globalisasi menurut Achmad Suparman bahwa globalisasi adalah suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

BACA JUGA:  Cara Menentukan Informasi Indeks Pada Buku

Selo Soemardjan:
Pengertian globalisasi menurut Selo Soemardjan adalah sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

Syarat Modernisasi
Modernisasi pada hakikatnya mancakup bidang-bidang yang sangat banyak. Syarat-syarat suatu modernisasi adalah sebagai berikut:

1. Cara berpikir yang ilmiah yang melembaga dalam kelas penguasa maupun masyarakat.

2. Sistem administrasi negara yang baik, yang benar-benar mewujudkan birokrasi yang baik, jauh dari KKN, serta semangat kerja yang tinggi.

3. Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur dan terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu. Misalnya BPS (Badan Pusat Statistik) yang menjadi sumber data bagi pemerintah.

BACA JUGA:  Pusat Pemerintahan Dinasti Bani Umayyah

4. Penciptaan iklim yang favorable (kondusif) dalam masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.

5. Kedisiplinan yang tinggi, tetapi tidak melanggar HAM warga negara.

6. Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial (social planning)

Perbedaan Globalisasi, Modernisasi & Westernisasi
Berikut beberapa perbedaan dari Globalisasi, Modernisasi & Westernisasi

1. Globalisasi: peningkatan kesalingketergantungan antar negara di dunia, tidak ada satupun negara yang dapat hidup sendiri tanpa dengan adanya bantuan negara lain.

2. Modernisasi: mengubah cara berpikir dari tradisional dan irrasional menjadi cara berpikir yang rasional, efisiensi dan praktis.

3. Westernisasi: berada kepada proses identifikasi dan imitasi budaya barat.