Lagi “Bagimu Negeri” dikarang Oleh?

Loading...

ASTALOG.COM – Lagu wajib Padamu Negeri ini digubah oleh almarhum Kusbini. Lagu ini sederhana saja baik dari segi lirik maupaun syairnya sehingga mudah dihafal dan dinyanyikan.

Dahulu ketika anak masuk sekolah TK atau kelas satu SD, mereka langsung bisa hafal lagu ini. Mungkin tujuan lagu ini digubah sederhana agar makna lagu ini bisa dihayati dan dijiwai oleh setiap orang Indonesia, mulai dari anak masuk sekolah TK sampai kakek- nenek yang mau masuk liang kubur.

Seluruh pelosok negeri nusantara pasti pernah mendengar dan menyanyikan lirik indah sebuah lagu, Bagimu Negeri. Lagu ini diciptakan oleh Kusbini. Dia berhasil menciptakan lagu fenomenal yang tetap dikumandangkan hingga saat ini karena lagunya sanggup membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air Indonesia. Boleh dikatakan, ia termasuk salah satu pejuang kemerdekaan yang berjuang lewat karya dan lagu.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud Baliho?

Dilansir dari wikipedia, Kusbini (lahir di Mojokerto, Jawa Timur, 1 Januari 1910 – meninggal di Yogyakarta, 28 Februari 1991 pada umur 81 tahun) adalah tokoh musik kroncong era 1930 – 1955 yang legendaris, bersama Annie Landouw, Gesang, S. Abdoellah, Miss Roekiah, dll.

Kusbini adalah adalah tokoh musik kroncong era 1930 – 1955 yang legendaris, bersama Annie Landouw, Gesang, S. Abdoellah, Miss Roekiah, dll

Latar Belakang
Kusbini lahir di Desa Kemalgi, Mojokerto, Jawa Timur. Pada era “Keroncong Abadi” (1920 – 1960), ia merupakan tokoh penyanyi dan komponis Indonesia.

Pada era sekitar tahun 1937 – 1942 ia aktif dalam menyanyi dan main musik keroncong bersama Annie Landouw, S. Abdoellah, Gesang.

Pada masa Hindia Belanda ia menuliskan kembali (transkrip) lagu keroncong Telomoyo, Moresko, Nina Bobo, dll. Namun juga mencipta lagu Kr. Purbakala.

BACA JUGA:  Batuan Korundum Adalah?

Tahun 1945 – 1952
Pada tahun 1945 – 1952 menciptakan lagu perjuangan bersama C.Simanjuntak, Ismail Marzuki, L. Manik, dll. Lagunya “Bagimu Negeri” merupakan lagu wajib perjuangan. Tahun 1950 ia kemudian bekerja di P&K Yogyakarta untuk urusan musik. Ia juga merupakan tokoh pendiri SMINDO 1954 (Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta milik Pemerintah – yang kemudian menjadi AMI dan ISI Yogyakarta). Selain itu, ia mendirikan SOSI (Sekolah Olah Seni Indonesia) yang sekarang diasuh dan diteruskan oleh anak-anaknya.

Pemilihan Bintang Radio
Pada tahun sekitar 1952 – 1956, pihak RRI (Radio Republik Indonesia) menyelenggarkan Pemilihan Bintang Radio dan juga Lagu Keroncong, ia memenangkan pemilihan lagu keroncong, yaitu Kr. Pastoral.

Akhir Hayat
Tidak banyak yang tahu tentang beliau, sehingga beliau meninggal tidak banyak yang tahu jasa beliau sebagai tokoh musik di Indonesia. Namun setelah ia meninggal Pemda Yogyakarta memberi nama Jl. Jetishardjo menjadi Jl. Kusbini. TV Yogyakarta baru-baru ini membuat Film pendek mengenai riwayat hidup beliau.

BACA JUGA:  Unsur-unsur Komunikasi

Lirik lagu Bagimu Neg’ri
Bagimu Negeri adalah lagu Indonesia yang ditulis oleh Raden Kusbini.
ANTV memainkan lagu ini sebagai lagu penutup di akhir siaran. Selain ANTV, stasiun televisi TVRI & tvOne juga memakai lagu ini sebagai lagu penutup di akhir siaran.

Bagimu Neg’ri

Padamu Neg’ri Kami Berjanji
Padamu Neg’ri Kami Berbakti
Padamu Neg’ri Kami Mengabdi
Bagimu Neg’ri Jiwa Raga Kami

Padamu Neg’ri Kami Berjanji
Padamu Neg’ri Kami Berbakti
Padamu Neg’ri Kami Mengabdi
Bagimu Neg’ri Jiwa Raga Kami