Tuliskan 5 Negara di Kawasan Eropa Timur

Loading...

ASTALOG.COM – Seperti yang dilansir dari wikipedia, Eropa Timur secara geografis adalah wilayah di bagian timur benua Eropa. Pada umumnya kawasan ini terletak di antara pegunungan Ural dan Kaukasus serta perbatasan Rusia barat, atau secara alternatif juga mencakup negara-negara yang berdekatan dengan perbatasan Rusia barat.

Seperti halnya dengan benua, sebuah wilayah hanyalah konstruksi sosial sehingga jangan disamakan dengan aspek fisikal yang berdasarkan kriteria abstrak dan netral.

Ada juga yang mengatakan bahwa kawasan Eropa Timur adalah negara-negara pecahan Uni Soviet. Di Benua Eropa juga terdapat negara berkembang yang sebagian berada di Eropa Timur.

Negara Berkembang di Eropa Timur
Berikut adalah 5 nama Negara di Kawasan Eropa Timur

1. Belarus
Republik Belarus adalah sebuah negara berkembang di Eropa Timur dengan pendapatan per kapita hanya $18.882. Rasio Gini negara ini tergolong rendah (26,5) tetapi Indeks Pembangunan Manusia cukup tinggi yakni 0,786. Komoditas ekspor utama di Belarus adalah minyak bumi (34%) dan mineral (7,8%). Sistem ekonomi di negara ini masih mengikuti “gaya Soviet”.

BACA JUGA:  Norma Kesusilaan Adalah

2. Lituania
Republik Lituania adalah sebuah negara berkembang di Eropa Timur dengan pendapatan per kapita mencapai $ 28.210. Rasio Gini negara ini tergolong rendah (34,6) namun Indeks Pembangunan Manusia tergolong sangat tinggi yakni 0,834. Negara ini baru bergabung di Uni Eropa dan mata uang negara ini adalah Euro. Pendapatan negara ini lebih rendah dari negara-negara anggota Uni Eropa sebelumnya, namun paling tinggi diantara negara-negara anggota Uni Eropa yang baru.

3. Latvia
Republik Latvia adalah sebuah negara berkembang di Eropa Timur dengan pendapatan per kapita $ 25.195. Rasio gini negara ini tergolong medium (35,2) dengan Indeks Pembangunan Manusia yang sangat tinggi (0,81). Mata uang negara ini adalah Euro. Negara ini adalah anggota WTO (1999) dan Uni Eropa (2004). Latvia memiliki sebuah pelabuhan tersibuk di kawasan Laut Baltik.

BACA JUGA:  Apa Itu Kanker Serviks?

4. Moldova
Republik Moldova adalah sebuah negara berkembang di Eropa Timur dengan pendapatan per kapita hanya $ 4.177. Rasio gini di negara ini tergolong medium (33) dengan Indeks Pembangunan Manusia yang juga medium (0,663). Mata uang negara ini adalah Leu. Sektor perekonomian utama di Moldova adalah jasa, kemudian diikuti dengan industri dan pertanian. Sumber energi di negara ini sedikit, sehingga harus mengimpor dari Rusia dan Ukraina. Negara ini juga dikenal karena produksi wine.

5. Ukraina
Ukraina adalah sebuah negara berkembang di Eropa Timur dengan pendapatan per kapita hanya $ 8.240. Negara ini sedang dilanda konflik antara pro Ukraina dan pro Rusia. Rasio gini di negara ini tergolong rendah (25,6) namun Indeks Pembangunan Manusia tergolong tinggi yakni 0,734. Mata uang negara ini adalah Hryvnia. Ketika bergabung dengan Uni Soviet, Ukraina adalah kawasan dengan perekonomian tertinggi di Uni Soviet. Ukraina adalah negara industri terbesar di Eropa Timur.

BACA JUGA:  Bahasa Daerah yang Terdapat di Sulawesi Selatan