Senam Irama Adalah?

ASTALOG.COM – Senam irama merupakan gerakan senam ataupun gerakan bebas yang dibarengi dengan musik atau nyanyian sesuai dengan irama yang mengikutinya. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi: keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. Rangkaian senam irama dapat dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat, loncat, serta ayunan, dan putaran tangan.

Secara sederhana, senam irama diartikan sebagai gerakan senam yang diiringi dengan music. Senam yang juga dikenal dengan nama senam ritmik ini pada dasarnya memiliki gerakan yang kurang lebih sama dengan jenis senam biasa. Letak perbedaannya hanya pada penambahan fitur music yang bagi beberapa orang semakin membuat semangat untuk melakukan senam menjadi-jadi. Gerakan yang ada pada senam irama ini memerlukan kelenturan tubuh serta kontinuitas. Senam irama ini biasa dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan alat dan tanpa tambahan alat apapun. Jika Anda menggunakan opsi yang pertama, maka alat yang bisa Anda pakai antara lain ganda, rongkat, simpai, bola, topi,pita dan masih banyak lagi lainnya

Manfaat Senam Irama
Berikut beberapa manfaat senam irama, antara lain:

1. Manfaat Fisik
Orang yang melakukan senam irama secara rutin akan mengembangkan kemampuan daya tahan,otot,kekuatan,tenaga,kelentukan,koordinasi,kelincahan dan keseimbangan.

2. Manfaat Mental
Orang yang rutin melakukan senam irama mampu menggunakan kemampuan berfikirnya secara aktif dan kreatif melalui pemecahan masalah gerak.

3. Manfaat Sosial
Kegiatan senam dilakukan secara bersama-sama dalam hal ini maka akan terwujud interaksi sosial.

Gerakan Dasar Senam Irama

1. Gerakan Langkah Kaki
Gerakan ini terdiri atas gerakan biasa, langkah biasa dan juga langkah keseimbangan. Gerakan biasa dilakukan dengan awalak tubuh dalam kondisi berdiri dan tegak, kemudian kaki melangkah ke arah kiri, selanjutnya langkahkan kaki kanan dan usahakan jatuh pada bagian tumit. Gerakan ini dilanjutkan dengan langkah kaki kanan dan kiri yang bergantian. Gerakan selanjutnya adalah “langkah biasa”. Caranya dengan memulai berdiri tegak kemudian kaki kanan dilangkahkan ke arah depan sedangkan kaki kikir ke belakang. Penutupnya adalah kaki yang merapat. Gerakan terakhir adalah “langkah keseimbangan”. Adapun caranya adalah dengan berdiri tegak kemudian menghitung 1 dengan lengkah kaki kiri ke arah depan dan hitungan ke dua dengan kaki kanan yang menyusul juga ke arah depan.

2. Gerakan Ayunan Tangan
Gerakan dalam senam irama ini terbagi atas beberapa jenis yakni ayunan satu lengan tangan depan dan belakang. Caranya cukup mudah, pertama beridi tegak dan melangkah ke kiri. Kedua tangan Anda usahakan lurus ke depan, begitu pula pandangan. Selanjutnya, ayunkan tangan anda satu per satu ke arah depan. Pada saat mengayun lengan, lutut Anda juga ikut mengeper. gerakan ini dilaksanakan dengan ketukan irama 4/4. Kemudian pada bagian penutup, kembali berdiri tegak dengan langkah kiri. Kedua tangan Anda diluruskan ke arah depan.

Gerakan selanjutnya adalah ayunan satu lengan tangan dari depan kemudian ke samping. Gerakan ini dimulai dengan badan yang tegak dan langkah ke kiri. Kemudian pandangan juga tangan lurus ke depan. Gerakan dimulai dengan mengayunkan lengat satu per satu. Pada saat gerakan ayunan dilakukan, kedua lutuut Anda harus mengeper. Gerakan ini diakhiri dengan kembali berdiri tegak dan tangan serta pandangan lurus ke depan.

gerakan terakhir adalah ayunan satu lengan ke arah samping dengan memindahkan berat badan Anda pada tumpuan lain. Gerakan dalam senam irama ini dimulai dengan berdiri tegak, kaki Anda dibuka dengan tangan yang terlentang. Adapun pandangan tetap menghadap ke depan. Gerakan dimulai dengan mengayun lengan bagian kanan juga kiri ke arahnya masing-masing. Saat Anda mengayunkan lengan, harus diikuti dengan lutut yang juga mengeper. Gerakan ini diakhiri dengan kaki yang tegak.