Apa yang Dimaksud Realisme?

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.

Pembahasan realisme dalam seni rupa bisa pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Perancis pada pertengahan abad 19. Namun karya dengan ide realisme sebenarnya sudah ada pada 2400 SM yang ditemukan di kota Lothal, yang sekarang lebih dikenal dengan nama India.

Realisme Sebagai Spektrum Ide/Gagasan
Realisme sebagai spektrum ide juga melingkupi 4 dalil inti antara lain Political Groupism, Egoism, International Anarchy, dan juga Power Politics. 2 Sering pula, realisme merupakan tradisi HI yang dari asumsi umumnya dianggap berpusat pada empat ide utama:

1. Sistem Internasional Bersifat Anarki
Di sini dimaksudkan bahwa negara merupakan aktor independen yang harus membina hubungan dengan negara lain, tidak ada entitas lebih tinggi yang boleh mengatur interaksinya. Di samping itu, sistem internasional ada dan tetap bersifat antagonis.

2. Negara merupakan aktor yang paling penting dalam hubungan internasional.

3. Semua negara dalam sistem yang ada merupakan aktor tunggal bersifat rasional. Negara cenderung mengejar kepentingan pribadi dan meraup sumber daya sebanyak mungkin.

4. Masalah utama bagi setiap negara adalah kelangsungan dan bertahan hidup, oleh karena itu negara berusaha membangun kekuatan dengan kekuatan militer untuk bertahan hidup yang akhirnya menciptakan dilema keamanan bagi negara lain.

Singkatnya, kaum realis menganggap bahwa umat manusia pada dasarnya tidak murah hati melainkan bersifat egois dan kompetitif. Thomas Hobbes, salah satu teoris realisme, memandang manusia pada dasarnya bersifat egosentrik dan konfliktual kecual terdapat kondisi di mana manusia dapat hidup berdampingan. Dalam hal kepentingan pribadi, manusia cenderung mengandalkan diri sendiri dan termotivasi untuk mencari kekuatan lebih besar. Oleh karena itu, mereka juga diyakini menjadi lebih takut. Pandangan ini sangat berbeda dengan pendekatan liberalisme dalam HI.

Tokoh-Tokoh Realisme
Berikut ini adalah beberapa nama tokoh seni rupa realisme yang terkemuka di dunia, diantanra:

1. Karl Pavlovich Bryullov ( Rusia : 12 Desember 1799 – 11 Juni 1852), adalah pelukis Rusia. Ia dianggap sebagai tokoh kunci dalam transisi dari Rusia Neoclassicism untuk romantisme .

2. Jean-Baptiste-Simeon Chardin (2 November 1699 – 6 Desember 1779) adalah seorang pelukis Perancis abad ke-18. Ia dianggap master masih hidup dan juga terkenal karena genre lukisan yang menggambarkan pelayan dapur, anak, dan kegiatan domestik. Hati-hati komposisi seimbang, difusi cahaya lembut, dan butiran impasto mencirikan karyanya.

3. Jean-Baptiste-Camille Corot (17 Juli 1796 – 22 Februari 1875) adalah seorang pelukis Perancis pada zaman Renaisans di etsa . Corot adalah pelukis terkemuka dari sekolah Barbizon Perancis pada pertengahan abad kesembilan belas. Ia merupakan tokoh penting dalam lukisan pemandangan.

4. Jean Désiré Gustave Courbet (10 Juni 1819-31 Desember 1877) adalah seorang pelukis Perancis yang memimpin Realis gerakan di lukisan abad ke-19 Perancis. Gerakan Realis menjembatani gerakan Romantis (ditandai dengan lukisan Théodore Géricault dan Eugène Delacroix ), dengan Sekolah Barbizon dan impresionis . Courbet menempati tempat penting dalam lukisan abad ke-19 Perancis sebagai pembaru dan sebagai seorang seniman bersedia untuk membuat komentar sosial yang berani dalam karyanya.

5. Honoré Daumier (26 Februari 1808 – 10 Februari 1879) adalah seorang pelukis Perancis, ahli karikatur, dan pematung , yang bekerja menawarkan banyak komentar tentang kehidupan sosial dan politik di Perancis pada abad ke-19.

6. Thomas Cowperthwait Eakins (25 Juli 1844 – 25 Juni 1916) adalah seorang pelukis realis Amerika, fotografer, pemahat, dan seni rupa pendidik. Ia secara luas diakui sebagai salah satu seniman yang paling penting dalam sejarah seni Amerika.

7. Ignacy Aleksander Gierymski (lahir 30 Januari 1850 di Warsawa , meninggal antara 6 dan 8 Maret 1901 di Roma ) adalah seorang pelukis Polandia dari akhir abad 19. Dia adalah adik dari Maksymilian Gierymski , sama-sama terkenal pelukis cat air Polandia.

8. Michael William Harnett (10 Agustus 1848 – 29 Oktober 1892) adalah seorang pelukis Irlandia-Amerika yang mempraktikkan trompe l’oeil (harfiah, “bodoh mata”) gaya lukisan realistis. hidupnya masih obyek biasa, diatur pada birai atau tergantung dari paku, yang dicat sedemikian rupa sehingga lukisan bisa salah untuk objek sendiri.

9. Iga Le Nain pelukis Perancis bersaudara pada abad ke-17 : Antoine Le Nain (c.1599-1648), Louis Le Nain (c.1593-1648), dan Mathieu Le Nain (1607-1677). Mereka menghasilkan karya bergaya, potret dan potret miniatur.

10. Édouard Manet (23 Januari 1832 – 30 April 1883) adalah seorang pelukis Perancis. Salah satu seniman abad ke-19 pertama pendekatan mata pelajaran kehidupan modern, ia adalah seorang tokoh penting dalam transisi dari Realisme ke Impresionisme .

11. Jean-François Millet (4 Oktober 1814 – 20 Januari 1875) adalah seorang pelukis Perancis dan salah satu pendiri sekolah Barbizon di pedesaan Perancis. Millet terkenal karena adegan dari petani petani, ia dapat dikategorikan sebagai bagian dari gerakan naturalisme dan realisme.