Air Terjun Tertinggi di Dunia

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Air Terjun Angel atau Santo Angel adalah air terjun jatuh-bebas tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter (3.212 kaki) dengan jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter (2.647 kaki). Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela.

Meskipun pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, air terjun ini tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika, James Crawford Angel Awalnya hanya terbang di atas sebuah gunung tunggal untuk mencari emas. Ketika mencoba mendaratkan pesawat, ia terjebak di daerah hutan berawa diatas gunung dan ia melihat air terjun mengesankan yang terjun ribuan kaki dibawah. Pemerintah Venezuela pun menamai air terjun tersebut sesuai dengan penemunya, Angel.

Pada tahun 1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Air terjun ini dinamakan “Air terjun Angel” untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel. Suku Indian Pemon (penduduk setempat) menyebut air terjun ini sebagai “Auyan-tepui” (“Aiyan-tepui”) yang berarti “Gunung Setan”. Nama itu diambil, karena banyaknya pendaki yang mencoba menaklukkan gunung itu tidak pernah kembali, suku Indian Pemon percaya mereka yang tidak kembali telah berpindah ke tangan penguasa sungai.

Ketinggian resminya ditentukan oleh National Geographic Society pada 1949. Air terjun ini merupakan atraksi turis paling terkenal di Venezuela

Angel Falls kini menjadi atraksi wisata terpopuler di Venezuela, meskipun untuk mencapai air terjun ini cukup sulit, harus menggunakan pesawat dari Puerto Ordaz atau Ciudad Bolivar menuju Canaima Camp. Dari Canaima, menyusuri sungai yang mengaliri air terjun, yaitu Sungai Churun, Gauja, dan Carrao. Perjalanan menyusuri sungai dengan kano harus dilewati setidaknya selama tiga hari.

Ada juga fenomena unik yang membuat air terjun ini menjadi atraksi wisata paling populer di Venezuela. Saat musim panas tiba, volume air akan menurun dan membuat airnya cepat habis serta membias sebelum mencapai dasar tebing. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai fenomena “Falls of the deepest place” atau fenomena jatuh ke tempat terdalam.

Angel Falls Travel yang menyediakan paket 3 hari petualangan ke Angel Falls dengan biaya mulai dari 55 dolar atau sekitar 639 ribu rupiah per malamnya. Ada juga tur berkeliling diatas Angel Falls dengan menaiki helikopter yang hanya kita bayar sebesar 60 dolar atau sekitar 694 ribu.