Jelaskan yang Dimaksud dengan Opera

Loading...

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Opera adalah sebuah bentuk seni, dari pentasan panggung dramatis sampai pentasan musik.

Dalam mementaskan sandiwara, opera memakai elemen khas teater seperti pemandangan, pakaian, dan akting namun kata-kata dalam opera, atau kata-kata nyanyian, dinyanyikan daripada dituturkan. Penyanyi ditemani oleh ansambel musik yang, dari ansambel menolong yang kecil hingga orkes simfoni penuh.

Opera tradisional terdiri atas dua mode nyanyian: resitatif, deklamasi, dan nyanyian, yang menunjuk kepada bagian tunggal yang dinyanyikan. Opera dinyanyikan biasanya dengan suara yang tinggi. Bagian yang dinyanyikan yang pendek juga diserahkan ke sebagai ariosos. Masing-masing macam nyanyian ditemani di samping alat musik. Penyanyi dan peran mereka bermain disusan menurut golongan menurut tinggi dari suara mereka. Penyanyi pria digolongkan menjadi bass, bass-baritone, dan tenor, sedangkan penyanyi wanita digolongkan menjadi contralto, mezzo-soprano, dan soprano.

BACA JUGA:  Pengertian dan Bentuk-bentuk Pengendalian Sosial

Contoh Drama Opera
NASKAH DRAMA
PERSAHABATAN MASA SMA

Pemeran ;
1. sebagai Dalang dan pak guru
2. sebagai Dafa
3. sebagai Reza
4. sebagai Nadia
5. sebagai Lulu
6.
sebagai Adel

Naskah cerita ;
Dalang : Assalamu ‘Alaikum wr wb….Selamat pagi pemirsa semua, kali ini saya akan membawakan cerita Yang berjudul ‘’Persahabatan Masa SMA’’.Dikisahkan ada tiga orang remaja perempuan yang sudah bersahabat Lama,sedang duduk di bangku belakang rumah sambil menatap Indah nya bulan purnama, tapi diantara ketiga orang sahabat itu ada Satu orang yang sedang bersedih hati. Apakah yang membuat gadis Tersebut bersedih. Langsung saja kita saksikan ceritanya di TKP.

Lulu : Indah banget ya bulan nya.
Adel : iya, eh nadia kok muka kamu sedih gitu sih?
Nadia : biasanya kalo setiap malam bulan purnama aku sama ibu selalu Duduk berdua di bangku sini. Tapi sekarang ibu sudah enggak ada, Sekarang Cuma kalian yang nemanin aku disini.
Lulu : sabar ya Nad, sudah 2 bulan ini kamu gak ada waktu terus buat kita, Kamu harus ceria kayak dulu lagi.
Adel : aku tau kok gimana perasaan kamu, waktu Ayahku meninggal dunia, Aku juga sempat mengurung diri. Tapi kita gak boleh kayak gitu terus Nad,kita harus tetap semangat. Kan masih ada orang-orang yang Sayang sama kita.
Nadia : iya, aku bersyukur punya sahabat sebaik kalian. Tapi sekarang ini Aku sangat rindu dengan ibu.

BACA JUGA:  Sebutkan Hasil Hutan

Puisi (oleh :Nadia)
Tak terhitung berpa banyak cinta yg kau berikan untukku,
tak terhitung berapa banyak nyanyian yg kau nyanyikan di
kala aku akan terlelap…
sungguh kasihmu telah membuaiku…
Dan saat itu tiba,saat dimana kau pejamkan mata mu untuk selamanya,aku hanya bisa terdiam,tak sepatah kata mampu terucap dikala dihadapanku tubuhmu terbujur kaku…
kau hanya diam dikala air mataku menetes,yg biasanya kau usap dengan tangan lembutmu…
Kini hanya lembaran cerita indah yg kubawa..
jauh sudah kuberjalan tanpa dirimu lagi,..
tak tau kemana arah aku terus berjalan membawa cintamu..
berharap temukan tempat ku bersandar lagi..
Kini aku bagaikan malam yang merindukan purnama di siang hari..

BACA JUGA:  Hubungan Antara Nilai dan Norma Sosial