Siapakah Penemu Ventilasi?

Loading...

ASTALOG.COM – Ventilasi adalah pergerakan udara masuk ke dan keluar dari ruang tertutup. Istilah ini digunakan dalam berbagai hal berikut ini: Ventilasi (arsitektur)

Ventilasi sangat penting keberadaannya dalam sebuah ruangan tertutup seperti rumah. Ventilasi umumnya diposisikan bersama dengan jendela atau pintu yang menghadap keluar rumah langsun untuk memungkinkan udara keluar masuk yang tentunya akan membantu sirkulasi udara agar lebih baik.

Penemu Ventilasi
Stephen Hales adalah seorang pendeta Inggris yang berkarya dalam berbagai bidang ilmiah seperti: botani, pneumatik kemistri dan fisiologi. Dia menciptakan beberapa perangkat seperti: ventilator, palung pneumatik dan bedah forceps untuk menghilangkan batu kandung kemih.

Biografi
Stephen Hales lahir di Beakesbourne, Kent pada 17 September 1677. Dia belajar di Iniversitas Bene’t (sekarang Corpus Christi, Universitas Cambridge untuk belajar teologi, dan lulus pada tahun 1700. Ia mendapatkan gelar masternya pada tahun 1703 dan lulus sebagai sarjana divinitas pada 1711. Dia kemudian menyelesaikan studi teologinya di Universitas Cambridge pada tahun 1733.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud dengan Observasi?

Udara yang buruk atau basi dianggap menjadi penyebab penyakit dan kematian pada abad ke-18. Kematian dan penyakit umum terjadi di kapal penuh sesak dan penjara. Hales adalah salah satu dari beberapa orang pada awal abad ke-18 (penemu terkenal lainnya adalah John Theophilus Desaguliers, Marten Triewald dan Samuel Sutton ) yang mengembangkan bentuk ventilator untuk meningkatkan kualitas udara. Ventilator Hales biasanya bekerja dengan tangan versi yang lebih besar meskipun telah didukung oleh kincir angin. Ventilator itu banyak dipasang di kapal, penjara dan tambang dan berhasil dalam mengurangi penyakit; versi ventilator Hales ‘juga digunakan dalam melestarikan makanan dan pengeringan biji-bijian.

Hales juga bereksperimen dengan cara penyulingan air tawar dari air laut; mengawetkan air dan daging di pelayaran laut; mengukur kedalaman di laut; mengukur suhu; dan menulis pada berbagai mata pelajaran termasuk gempa bumi ; metode pencegahan penyebaran kebakaran; dan perbandingan angka kematian dalam hubungan dengan paroki-paroki pedesaan dan perkotaan.

BACA JUGA:  Apa Kegunaan Kapal Selam?

Pada tahun 1709 ia meninggalkan Cambridge – tempat di mana ia telah menghabiskan 13 tahun sebagai imam abadi di Teddington, Middlesex, di mana ia tinggal dan wafat. Hales juga menjadi rektor di Porlock, Somerest, dan Faringdon, Hampshire, tempat dia menghabiskan musim panas ketika melakukan cuti dari Teddington. Pada tahun 1719, Hales menikahi Mary Newce yang meninggal pada tahun 1721. Mereka tidak memiliki anak. Hales meninggal pada 4 Januari 1761 di Teddington.

Fungsi Ventilasi

1. Untuk menjaga agar aliran udara di dalam rumah tetap segar.
Itu karena jika dalam suatu bangunan sangat minim adanya ventilasi maka aliran udara dari dan ke luar rumah menjadi tidak lancar sehingga terjadi peningkatan kadar CO2 (karbondioksida) di dalam rumah dan kadar oksigen (O2) menurun. Sedangkan karbondioksida yang merupakan hasil respirasi/pernapasan ini apabila dalam konsentrasi tinggi bisa berbahaya bagi hewan dan manusia. Seseorang yang menghirup terlalu banyak CO2 akan kesulitan bernapas, hingga menyebabkan tak sadarkan diri.

BACA JUGA:  Apa Itu Diakronis?

2. Untuk menjaga agar rumah selalu tetap di dalam kelembaban yang optimum.
Kurangnya lubang ventilasi di dalam suatu bangunan akan menyebabkan kelembaban di dalam ruangan meningkat karena terjadinya proses penguapan cairan dari kulit dan penyerapan. Sehingga dengan adanya lubang ventilasi udara yang memadai akan memberikan manfaat di sisi pencahayaan apabila penempatannya tepat. Dengan adanya vahaya dari luar ruangan yang masuk ke dalam rumah melalui lubang ventilasi udara maka akan mengurangi kelembaban dalam suatu ruangan.

3. Untuk membebaskan udara ruangan dari bakteri-bakteri patogen yang bisa menyebabkan penyakit.
Kurangnya lubang ventilasi udara di dalam rumah akan menyebabkan kelembaban udara dalam ruangan meningkat, sedangkan kondisi ruangan yang lembab akan memudahkan tumbuhnya jamur dan bakteri patogen yang bisa mempengaruhi kualitas kesehatan penghuni rumah.