Bagaimanakah Ciri-ciri Homo Sapiens?

Loading...

ASTALOG.COM – Fosil-fosil awal Homo sapiens tanggal untuk sekitar 200.000 tahun yang lalu. Homo sapiens berarti “manusia yang cerdas,” dan manusia modern diklasifikasikan dalam spesies ini. Homo sapiens diyakini telah berevolusi dari Homo erectus. Evolusi diperkirakan telah terjadi di Afrika.

Fosil-fosil awal Homo sapiens menunjukkan perubahan bertahap selama 200.000 tahun terakhir menjadi varietas Homo sapiens, tetapi tidak spesies baru.

Ciri Homo Sapiens
Ciri-ciri Homo Sapiens
1. Tinggi tubuh 130-210 cm
2. Berat badan 30 – 159 kg, dan volume otak 1350 – 1450 cc.
3. Otak lebih berkembang dari pada Meganthropus dan pithecanthropus.
4. Otot kunyah, gigi, dan rahang sudah menyusut.
5. Tonjolang kening sudah berkurang dan sudah berdagu.
6. Mempunyai ciri-ciri ras Mongoloid dan Austramelanosoid.

BACA JUGA:  Sebutkan Unsur Utama Penyusun Garam Dapur?

Fosil tertua diklasifikasikan sebagai Homo sapiens adalah Neanderthal, yang hidup sekitar 125.000 sampai sekitar 35.000 tahun yang lalu di Eropa. Neanderthal adalah pendek, gempal, dan kekar. Mereka memiliki tengkorak besar dan wajah berat dengan punggung menonjol alis, dahi miring, dan rahang yang berat tapi dagu yang kecil. Kepala besar mereka mengandung otak yang lebih besar daripada manusia saat ini. Neanderthal membuat alat dari berbagai jenis dan tinggal di gua-gua dan pondok.

Homo Sapiens merupakan sebuah spesies dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam sebuah mitos, manusia seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, manusia dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dimasyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, serta berdasarkan kemampuan mereka membentuk sebuah kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan. Manusia pada dasarnya adalah makhluk budaya yang harus membudayakan dirinya.

BACA JUGA:  Contoh Upacara Adat di Madura

Manusia sebagai makhluk budaya mampu melepaskan diri dari ikatan dorongan nalurinya serta mampu menguasai alam sekitarnya dengan alat pengetahuan yang dimilikinya. Hal ini berbeda dengan binatang sebagai makhluk hidup yang sama-sama makhluk alamiah, berbeda dengan manusia hewan tidak dapat melepaskan dari ikatan dorongan nalurinya dan terikat erat oleh alam sekitarnya.

Sub Ras Homo Sapiens
Homo sapiens memiliki beberapa subras berikut ini.

1. Ras Mongoloid
2. Ras Mongoloid memiliki ciri-ciri berikulit kuning. Kelompok ras tersebar di Asia Tengah, Asia Timur, serta sebagian Asia Selatan dan Tenggara.
3. Ras Kaokasoid
4. Kelompok ras ini memiliki ciri berkulit putih, hidung mancung, dan tubuhnya jangkung. Kelompok ras ini hidup di eropa dan Asia Barat (Timur Tengah)
5. Ras Negroid
6. Rasn Negroid memiliki ciri kulit hitam dan bibir agak tebal.
7. Penyebarannya berada di Afrika, Australia, dan Papua.
8. Disamping ketiga jenis ras, terdapat juga ras lain yang penyebarannya dikatakan terbatas.

BACA JUGA:  Aktivitas Manusia yang Menunjukkan Adanya Keterikatan dengan Kondisi Geografis di Lingkungannya

Ada dua ras yang dikatakan memiliki penyebaran terbatas yaitu :
1. Ras Austromelanesoid
Daerah penyebaran ras Austromelanesoid adalah di wilayah Kepulauan Pasifik dan pulau-pulau di antara Asia dan Australia.

2. Ras Khausanoid
Ras Khausanoid sering juga disebut dengan ras indian. Kelompok ras ini memiliki ciri berkulit merah. Ras Khausanoid mendiami kawasan Benua Amerika yang kemudian dikenal sebagai suku indian. Suku indian dikatakan sebagai penduduk asli Benua Amerika.