Bromelia Adalah?

Loading...

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Bromelia adalah kelompok tanaman yang bernaung di bawah keluarga Bromeliaceae yang terdiri atas sekitar 3000 spesies dan ratusan hingga ribuan hibrida. Asal muasal tanaman yang salah satunya adalah nanas yang berasal dari Amerika. Tercatat hanya satu yang habitat nya di Afrika, yaitu Pitcairnia Feliciana.

Tanaman hias Bromelia adalah termasuk jenis tanaman bunga yang masuk katagori nanas-nanasan yang memiliki keunikan serta keindahan yang memukau mata pemadangnya.Jenis tanaman hias bromelia termasuk bunga yang paling banyak di cari,kususnya kaum ibu-ibu atau anak gadis remaja untuk memperindah tampilan rumahnya.

Selain bisa di tanam di mana saja,bunga bromelia juga sangat cocok jika kita tanam pada media pot.

Penempatan Bromelia
Tanaman bromelia tidak tahan terhadap panas matahari langsung sepanjang hari, kecuali genus Ananas. Cahaya matahari langsung mengenai tanaman tanpa panghalang sama sekali membuat warna daun bromelia pudar, daun menggulung, bahkan terbakar.

BACA JUGA:  Proses Pembentukan Urin

Tanaman hias menyukai tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung, seperti tempat yang ternaungi dengan intensitas cahaya matahari sekitar 60%. Jika intensitas cahaya matahari kurang dari 60% dapat membuat daun bromelia menjadi kusam dan warnanya menjadi kurang cerah.

Klasifikasi Bromelia
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Poales
Famili : Bromeliaceae
Genus : Terdiri atas 56 genus, diantaranya Vriesea, Tillandsia, Aechmea, Bromelia, dan Ananas
Species : Terdiri atas 1800 spesies, diantaranya Bromelia alsodes, Bromelia alta, Bromelia karatas, Bromelia palmeri dan Bromelia horstii

Struktur Bromelia
Tanaman Bromelia terdiri dari :

1. Akar
Akar bromelia adalah akar serabut, yang berfungsi untuk menopang tanaman, menyerap unsur hara, terutama pada bromelia yang hidup di tanah. Sedangkan bromelia yang bersfat epifit, akarnya berfungsi untuk menempel atau meletakkan diri pada tanaman inang atau kayu. Bromelia epifit yang merupakan kelompok terbesar bromelia seperti genus bromelia dan Tillandsia, daunnya dapat menyerap makanan dari air dan udara.

BACA JUGA:  Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Nabi dan Rasul

2. Batang
Bromelia memiliki batang yang berukuran pendek yang lunak dan tidak berkayu.

3. Daun
Daun merupakan daya tarik dari bromelia. Bentuknya langsing memanjang dan susunannya roset, kecuali daun pada genus Tillandsia yang berbentuk seperti rambut.

Permukaan daun bromelia halus mengkilap dengan berbagai motif seperti belang-belang, zig-zag atau bintik-bintik halus.
Daun bromelia tumbuh meroset membentuk semacam corong di ketiak atau pangkalnya yang dapat menampung air hujan atau air siraman.
Daun bromelia berfungsi sebagai penyerap zat makanan untuk pertumbuhan tanaman. Air siraman atau air hujan yang mengandung unsur hara dan tertampung di ketiak daun akan diserap secara osmosis oleh bromelia

4. Bunga
Bunga dari tanaman keluarga bromelia memiliki struktur bunga yang unik, yaitu bertangkai tunggal dan muncul di tengah-tengah kumpulan daun yang roset.

BACA JUGA:  Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli Serta Ciri-Cirinya

Bromelia adalah tanaman berumah satu, artinya dalam satu tanaman terdapat bunga jantan dan bunga betina sehingga perkawinan dapat terjadi dalam satu tanaman. Pernyerbukan yang berhasil akan menghasilkan buah yang didalamnya terdapat biji untuk perbanyak secara generatif.