Apa yang Dimaksud Takdir Mubram?

ASTALOG.COM – Takdir Mubram yaitu takdir Allah yang tidak dapat diubah, tidak dapat memilih serta tidak memiliki kemampuan untuk mengubahnya. Takdir Mubram ini terdapat pada sunnatullah yang ada di alam raya ini. salah satu contohnya adalah Kelahiran dan Kematian manusia. Salah satu contohnya adalahperjalanan matahari, bulan dan planet-planet lainnya sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan Allah.

Oleh karena itu, sunnatullah tersebut juga terbagi dua yaitu hukum-hukum kemasyarakatan dan hukum alam. Dalam AL-Quran surat al- Fushilat ayat 11 dinyatakan bahwa sekali-kali tidak akan pernah terjadi perubahan pada sunnatullah. Contoh: Ada orang yang dilahirkan dengan mata sipit, atau dilahirkan dengan kulit hitam sedangkan ibu dan bapaknya kulit putih dan sebagainya.

Takdir Mubram terdapat dalam Firman Allah dalam QS. An Nisa : 78:

أَيْنَ ماَ تَكُوْنُوْا يُدْرِكْكُمُ اْلمَوْتَ وَلَوْ كُنْتُمْ فيِ بُرُجٍ مُشَيَّدَةٌ

Artinya : Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh

Contoh Takdir Mubram
1. Seorang anak tidak bisa memilih lahir dari orang tua yang kaya.
2. Ibu meli melahirkan seorang bayi perempuan meskipun ia berdoa bisa melahirkan bayi laki laki.
3. Dokter tidak bisa menyelamatkan nyawa amin meskipun sudah berusaha yang terbaik.
4. Nenek Qariah tidak menyangka bahwa cucunya lebih dulu meninggal daripada dirinya yang sudah tua.
5. Fatimah tidak pernah menyesal terlahir dengan wajah yang jelek karena ini juga bukan keinginannya.
6. Tidak ada yang tahu kapan kiamat itu datang meskipun para ahli sudah meneliti dengan ilmu manapun.
7. Matahari adalah sumber cahaya di bumi.
8. Neraka dan surga itu ada.
9. Kita tidak bisa memilih di mana tempat kita mati, jam dan sebab.
10. Furqan akhirnya menikah dengan teman smpnya meskipun mereka telah berpisah selama lima belas tahun.

Intinya, contoh takdir mubram bisa dilihat seperti ketentuan tentang kapan datangnya kiamat, jenis kelamin bayi yang akan lahir, jodoh, usia seseorang, atau ketentuan Allah tentang ajal seseorang. Jodoh merupakan rahasia Allah swt. Tidak ada seorang pun yang mengetahui siapa jodohnya kelak. Ketentuan tentang datangnya ajal merupakan rahasia Allah swt. dan telah ditentukan dengan qada dan qadar-Nya. Jika Allah sudah menetapkan bahwa seseorang akan mati pada suatu hari, di suatu tempat, pada jam sekian, orang tersebut pasti akan mati pada saat dan tempat yang sudah ditentukan itu. Ia tidak akan bisa lari atau bersembunyi dari Malaikat Izrail, meskipun berada dalam tembok benteng yang sangat kukuh.