Sebutkan Syarat-syarat Suatu Benda Langit dikatakan Planet

ASTALOG.COM – Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek – objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil/ katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya.

Anggota tata surya tersebar di sekitar matahari dan beredar mengelilingi matahari dengan arah yang sama. Beredar artinya sama dengan mengorbit dan lintasan peredaran disebut lintasan orbit.

Pengertian Planet
Planet adalah benda langit yang mengelilingi bintang sebagai pusat tata surya. Planet tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri namun dapat memantulkan cahaya.

Planet yang dekat dengan bumi dapat kita lihat setiap hari dengan mata telanjang seperti planet venus yang disebut orang sebagai bintang fajar.

Kata planet berasal dari bahasa Yunani yaitu planetai, yang berarti pengembara. Hal ini disebabkan kedudukan planet terhadap bintang tidaklah tetap. Planet adalah benda angkasa yang tidak mempunyai cahaya sendiri, berbentuk bulatan, dan beredar mengelilingi bintang (Matahari). Sebagian besar planet mempunyai pengiring atau pengikut yang disebut Satelit yang beredar mengelilingi planet.

Planet tidak dapat memancarkan cahaya seperti matahari dan bintang. Cahaya yang dipancarkan planet berasal dari cahaya matahari yang dipantulkannya, sehingga pada malam hari planet dapat dilihat dengan mata telanjang karena tampak terang seperti bintang. Setiap planet mempunyai lintasan orbitnya sendiri-sendiri. Lintasan orbit planet berbentuk elips. Pada awal abad ke-17 Johanes Kepler (1571-1630) membuktikan bahwa lintasan orbit planet-planet berbentuk elips dan matahari berada di salah satu titik fokus elips.

Ciri-ciri Planet
Ciri dari planet-planet di tata surya terbagi menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar.

1. Planet Dalam
Planet-planet dalam terdiri atas Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Ciri-ciri planet dalam adalah terbentuk dari batu dan logam, permukaannya padat, tidak memiliki cincin, dan memiliki sedikit satelit.

2.Planet Luar
Planet-planet luar terdiri atas Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Ukuran planet luar lebih besar daripada planet-planet dalam.

Ciri-ciri planet luar adalah terbentuk dari hidrogen dan helium, mempunyai cincin dan atmosfer yang sangat tebal, serta memiliki banyak satelit.

Planet adalah Benda Langit
Sebuah benda langit dapat disebut sebagai sebuah planet apabila memenuhi syarat-syarat suatu planet. Pada tanggal 24 Agustus 2006 IAU (International Astronomy Union) menerbitkan resolusi yang memuat syarat-syarat dimana obyek benda langit layak mempunyai status planet, syarat tersebut yaitu :

1. Objek harus mengorbit matahari.
2. Objek harus mempunyai massa yang cukup untuk bergravitasi sendiri sehingga mempunyai bentuk yang relatif bulat
3. Tidak ada benda langit lain di sekitar orbit dari obyek yang dimaksud.

Dalam sistem Tata Surya benda langit yang mempunyai status sebagai planet berjumlah 8 yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Pada tahun 2006 Pluto tidak lagi mendapat julukan sebagai planet karena tidak memenuhi syarat nomor tiga.