Apa yang Dimaksud Fase Bulan?

Loading...

ASTALOG.COM – Fase bulan adalah perubahan fase bulan dikarenakan selama bulan bergerak mengelilingi bumi dalam waktu satu bulan akan mempunyai sudut antara matahari, bulan, dan bumi yang selalu berubah.

Pada saat bulan berada di antara bumi dan matahari, sisi bulan yang menghadap bumi akan gelap karena bulan lebih dekat ke matahari. Fase itu disebut bulan baru. Bulan di kuartir awal tampak seperti setengah cakram karena separuh bagian bulan yang menghadap bumi mendapat cahaya matahari. Mula-mula bulan tampak sabit tetapi lama kelamaan makin besar sampai setengah cakram yang sebenarnya ¼ dari seluruh bola bulan.

Dari kuartir awal bulan menuju ke kuartir kedua yang sering kita sebut bulan purnama. Pada fase ini bulan bersinar paling terang karena seluruh bagian bulan yang menghadap bumi mendapat cahaya matahari.

BACA JUGA:  Ciri-ciri Benua Amerika

Jenis-jenis Fase Bulan
1. Bulan baru
Ketika sisi diterangi Bulan jauh dari Bumi. Bulan dan Matahari yang berbaris di sisi yang sama dengan Bumi, sehingga kita hanya bisa melihat sisi gelap. Ini juga merupakan waktu dimana Anda mengalami gerhana matahari, saat Bulan lewat langsung di depan Matahari dan melemparkan bayangan ke permukaan bumi. Selama bulan baru, kita juga bisa melihat cahaya yang dipantulkan dari bumi, karena tidak ada sinar matahari yang jatuh di Bulan. Ini dikenal sebagai cahaya bulan.

2. Bulan Sabit
Bulan sabit adalah sepotong pertama bulan yang dapat kita lihat. Dari belahan bumi utara, bulan sabit memiliki tepi diterangi Bulan di sebelah kanan. Situasi ini terbalik untuk belahan bumi selatan.

BACA JUGA:  Prinsip Dasar Energi Biomassa

3. Kuartal Pertama
Meskipun disebut bulan seperempat, kita benar-benar melihat fase ini saat Bulan setengah diterangi. Ini berarti bahwa matahari dan bulan membuat sudut 90 derajat dibandingkan dengan Bumi.

4. Waxing Gibbous
Fase Bulan terjadi saat Bulan lebih diterangi setengah, tapi itu namun tidak penuh Bulan.

5. Bulan Purnama
ini adalah fase saat Bulan terang di langit. Dari sudut pandang kita di Bumi, Bulan sepenuhnya diterangi oleh cahaya Matahari Ini juga merupakan saat bulan lunar ketika Anda dapat melihat gerhana bulan. ini terjadi ketika Bulan melewati bayangan Bumi.

6. Waning Gibbous
Dalam Fase bulan ini, bulan kurang dari sepenuhnya diterangi, tetapi lebih dari setengah.

BACA JUGA:  Jelaskan Bahwa Indonesia Adalah Negara Demokrasi

7. Terakhir Quarter
Pada titik ini siklus bulan, Bulan telah mencapai setengah pencahayaan. Sekarang sisi kiri Bulan yang diterangi, dan sisi kanan dalam kegelapan (dari perspektif belahan bumi utara).

8. Crescent
Ini adalah sepotong akhir bulan diterangi kita bisa melihat sebelum Bulan masuk ke dalam kegelapan lagi.