Contoh Teks Diskusi Bertema Perkembangan Teknologi

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar.

Dalam sebuah diskusi, diperlukan sebuah topik pembahasan yang akan menjadi acuan untuk memulai diskusi tersebut. Topik adalah pokok pembicaraan dalam suatu teks atau pembahasan. Jadi, untuk memulai suatu diskusi perlu dilakukan penentuan topik terlebih dahulu.

Bentuk Diskusi

Bentuk-bentuk dari diskusi juga terbagi dalam beberapa macam yaitu :

  • Seminar adalah jenis diskusi yang melakukan pertemuan para pakar yang berusaha mendapatkan kata sepakat mengenai suatu hal.
  • Sarasehan adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk mendengarkan pendapat (prasaran) para ahli mengenai suatu hal/masalah dalam bidang tertentu.
  • Lokakarya/Sanggar kerja jenis diskusi yang melakukan pertemuan yang membahas suatu karya
  • Simposium adalah pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjalang pelaksanaan kegiatan.
  • Muktamar adalah pertemuan para wakil organisasi mengambil keputusan mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
  • Konferensi adalah pertemuan untuk berdiskusi mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.
  • Diskusi panel adalah diskusi yang dilangsungkan oleh panelis (peserta diskusi panel) dan disaksikan/dihadiri oleh beberapa pendengar, serta diatur oleh seorang moderator.
  • Diskusi kelompok adalah penyelesaian masalah dengan melibatkan kelompok-kelompok kecil.

Jenis Diskusi

Diskusi terbagi dalam beberapa jenis yaitu diskusi forman dan informal.

  • Diskusi formal merupakan bentuk diskusi resmi yang ditandai dengan adanya para pemeran diskusi seperti moderator, notulen, pemateri, dan peserta diskusi. Contohnya seperti : seminar, loka karya, diskusi panel, dan masih banyak lagi.
  • Diskusi Informal adalah bentuk diskusi tidak resmi, sehingga dalam diskusi informal tidak terdapat moderator, pemateri, notulen, dan peserta diskusi.

Contoh dari teks diskusi informal :

Dampak Teknologi Elektronik Bagi Remaja Masa Kini

Pada zaman yang modern ini, banyak sekali perkembangan pada teknologi-teknologi yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah teknologi elektronik. Perkembangan pada teknologi elektronik kini berkembang sangat pesat di Indonesia. Namun, perkembangan tersebut memberi pengaruh atau dampak juga terhadap konsumennya, khususnya para remaja masa kini.

Contoh teknologi elektronik yang pasti disukai para remaja masa kini adalah handphone. Mereka  menyukai handphone karena teknologi elektronik yang satu ini berbeda dari yang lain. Mungkin karena bentuknya yang tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa kemana-mana membuat daya tarik tersendiri bagi para remaja sekarang yang tidak ingin repot.

Tetapi, teknologi elektronik mempunyai dampak negatif dan dampak positif. Contoh dampak negatifnya adalah Remaja kecanduan menggunakan teknologi-teknologi tersebut sehingga mereka lupa akan kewajibannya untuk menuntut ilmu sebagaimana mestinya. Ada pula dampak positifnya , yaitu para remaja bisa mengenal lebih luas teknologi-teknologi yang ada dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan teknologi-tekologi tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Oleh karena itu, Kita sebagai Remaja atau pelajar harus bisa memanfaatkan teknologi elektronik dengan sebaik-baiknya, jangan digunakan untuk hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Dampak Perkembangan Mobile Phone

Pada zaman yang modern ini, Tekhnologi berkembang dengan pesat dalam berbagi bidang seperti komunikasi, medis, transportasi dan lain-lain. Namun, Perkembangan pada teknologi komunikasi adalah yang paling pesat. Contohnya adalah Handphone. Saat ini tekhnologi Handphone telah menjadi sangat modern. Handphone menjadi lebih praktis dan memiliki berbagai macam fitur yang sangat banyak dan menarik. Berkembangnya tekhnologi Handphone ini membuat para remaja menggandrunginya. Mereka mulai menggunakan handphone dengan berbagai macam keperluan seperti hiburan dan komunikasi. Namun, Perkembangan tekhnologi dalam bidang komunikasi ini memberi pengaruh atau dampak terhadap penggunanya, khususnya para remaja.

Perkembangan tekhnologi handphone memiliki dampak positif bagi para remaja. Mereka bisa mengenal dan lebih luas tentang tekhnologi komunikasi ini dan juga mereka dapat memanfaatkan Handphone untuk memudahkan pekerjaan mereka.

Selain memiliki manfaat yang positif, perkembangan handphone juga berdampak buruk bagi para remaja. Contoh dampak negatifnya adalah Remaja dapat menjadi kecanduan menggunakan teknologi-teknologi tersebut sehingga mereka lupa akan kewajiban mereka untuk belajar.

Oleh karena itu, Kita sebagai Remaja atau pelajar harus bisa memanfaatkan teknologi elektronik dengan sebaik-baiknya. Kita harus menggunakan Handphone ini untuk hal-hal yang bermanfaat buat diri sendiri maupun orang lain bukan malah merugikan.