Pemanfaatan Abu Gosok

Loading...

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Abu gosok merupakan limbah pembakaran atau abu dari tumbuhan, biasanya berasal dari sekam padi. Abu gosok banyak digunakan untuk mencuci alat-alat rumah tangga, terutama untuk menghilangkan noda hitam pada bagian bawah panci atau wajan. Hal ini dimungkinkan karena abu gosok mengandung kalium, zat yang terkandung dalam sabun cair.

Limbah abu gosok adalah limbah dari hasil pembakaran kayu yang biasa digunakan oleh masyarakat sebagai bahan pencuci piring. Namun,pada saat ini banyak sekali beredar sabun-sabun pencuci piring yang lebih higenis dan lebih praktis. Sehingga,pemanfaatan limbah abu gosok menurun walaupun masih terdapat masyarakat sekitar yang menggunakan limbah abu gosok tersebut.

Dengan keadaan seperti ini,banyak penjual abu gosok yang sudah tidak ingin menjualnya lagi. Sehingga,mengakibatkan banyaknya abu gosok berceceran yang berdampak buruk bagi lingkungan. Dampaknya bukan hanya lingkungan menjadi tercemar,akan tetapi abu gosok juga dapat merusak pernafasan bagi manusia karena didalamnya terdapat kandungan kalium yang berbahaya bagi tubuh.

BACA JUGA:  Apakah Fungsi Serebrum Dalam Otak?

Pemanfaatan Abu Gosok
Abu merupakan limbah pembakaran kayu bakar, sekam, padi, kertas, dan rokok dapat dimanfaat kan untuk berbagai kebutuhan antara lain

1. Membersihkan alat-alat dapur . caranya campurkan abu dengan sabun garam dan kulit jeruk nipis. Gunakan untuk membersihkan alat dapur hasilnya jadi bersih dan mengkilat.

2. Membersihkan mebel berpelitur seperti meja, kursi, dan lemari yang terkena noda panas( berwarna putih) dengan abu rokok noda akan menjadi hilang dan bersih.

3. Membersihkan kaca . Basahilah kaca dan taburkan abu kemudian gosok dengan kain kain kering yang lunak maka kaca menjadi bersih.

4. Campurkan abu pada benih benih tanaman di botol penyimpana benih maka bibit tersebut akan tahan lama dan tidak mudah diserang hama.

BACA JUGA:  Pengertian Seni Ukir

5. Taburkan abu pada pangkal pohon dan daun daun pada tanaman pot maka tanaman akan terhindar dari ulat.

Pembuatan Abu Gosok

Bahan-bahan:
Biopalt Powder 10 – 20 Gram
Soda Ash Dense 200 Gram
Pasir Silica 200 Gram
Calsium Carbonat Mesh 325 590 Gram

Cara Membuat
1. Timbang Biopalt Powder = 10 Gram
2. Timbang Soda Ash Dense = 200 Gram
3. (1) + (2) aduk sampai rata
4. Timbang Pasir Silica = 200 Gram
5. (3) + (4) aduk sampai rata
6. Timbang Calsium Carbonat Mesh 325= 590 Gram
7. (5) + (6) aduk sampai rata