Sebutkan Tipe-tipe Negosiasi

Loading...

ASTALOG.COM – Secara umum kata “negosiasi” berasal dari kata to negotiate, to be negotiating dalam bahasa inggris yang berarti “merundingkan, membicarakan kemungkinan tentang suatu kondisi, dan atau menawar”. Sedangkan kata-kata turunanya adalah antara lain “negotiation” yang berarti “menunjukkan suatu proses atau aktivitas untuk merundingkan, membicarakan sesuatu hal untuk disepakati dengan orang lain”, dan “negotiable” yang berarti “dapat dirundingkan, dapat dibicarakan, dapat ditawar”.

Dilansir dari wikipedia, Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial saat pihak – pihak yang terlibat berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Menurut kamus Oxford, negosiasi adalah suatu cara untuk mencapai suatu kesepakatan melalui diskusi formal.

Tujuan Negosiasi
Ada beberapa tujuan dari sebuah negosiasi dalam bisnis, yaitu antara lain :

BACA JUGA:  Jenis Pasar Menurut Pengorganisasiannya

1. Untuk mendapatkan atau mencapai kata sepakat yang mengandung kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan.

2. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi bersama.

3. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang (win-win solution).

Tipe Negosiasi
Ada beberapa tipe negosiasi, berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Negosiasi secara Umum

1. Buatlah Itu Menjadi Kebutuhan Perusahaan
Saat Anda membuat negosiasi, jangan bicara itu sebagai kebutuhan dan keinginan Anda, bingkailah permintaan Anda dalam kaitan dengan bagaimana Anda akan atau telah membantu perusahaan Anda mencapai tujuannya. Bantulah mereka yakin bahwa mereka HARUS membayar Anda lebih untuk keahlian dan/atau prestasi yang telah Anda lakukan.

BACA JUGA:  Apa Itu Homo Economius?

2. Lakukan Penelitian
Tanyakan pada orang-orang berapa banyak mereka telah dibayar dengan jabatan, pengalaman dan keahlian yang Anda miliki. Atau, Anda dapat mencari referensi gaji yang seharusnya Anda terima dengan jabatan yang Anda miliki dalam situs-situs seperti www.qerja.com atau gajimu.com.

3. Berlatih, Berlatih, Berlatih
Berlatihlah seni berbicara untuk sebuah negosiasi di depan cermin, teman, kakak/adik, hewan peliharaan, di dalam kamar mandi, di kamar, di kebun Anda. Ya, Anda harus berlatih setiap saat di depan siapa saja dan di mana saja Anda berada (baca artikel: Teruslah Buat Negosiasi).

Negosiasi Khusus Wanita

Penelitian menunjukkan bahwa wanita bisa jadi merasa dianggap negatif bahkan hanya untuk meminta peningkatan gaji. Memang ini terdengar sebagai berita yang menjengkelkan bagi para wanita, akan tetapi tetaplah ingat bahwa jika Anda memiliki keinginan dan Anda memperjuangkannya, permintaan Anda dapat berhasil dipenuhi (Baca artikel: Saat Negosiasi yang Anda Lakukan Gagal).

BACA JUGA:  Apakah Yang Dimaksud Skala Prioritas?

Hannah Riley Bowles, profesor di Sekolah Harvard Kennedy yang telah secara ekstensif mempelajari wanita dan negosiasi, menyarankan agar pada saat Anda membuat permintaan, komunikasikan juga keinginan Anda untuk menjaga hubungan baik dengan pekerjaan. Sebagai contoh, jika Anda bernegosiasi dengan seseorang yang bukan atasan langsung Anda, Anda dapat mengatakan, ”Atasan tim saya menyarankan saya melakukan ini,” atau jika Anda menghadapi atasan langsung Anda, coba tanyakan, ”Apa yang Anda pikirkan?” untuk mengkomunikasikan bahwa Anda ingin menjadikan pendapatnya sebagai pertimbangan.