Kepanjangan Dari IRC

Loading...

ASTALOG.COM – Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai “chat” saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC.

Ada juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar menukar file atau meninggalkan pesan. Karenanya, selain untuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh).
Belakangan, dengan semakin tingginya kecepatan akses internet, maka aplikasi chat terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (videoconference).

BACA JUGA:  Bagaimana Ciri-Ciri Jaringan LAN?

Sejarah IRC
Dilansir dari wikipedia, IRC diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (nickname “WiZ”) pada akhir Agustus 1988 untuk menggantikan program di BBS yang disebut MUT (MultiUser Talk), di Finlandia di sebut OuluBOX. Oikarinen menemukan inspirasi Bitnet Relay Chat yang beroperasi di dalam Jaringan Bitnet. Dia membuat IRC client dan IRC server di Universitas Oulu, Finlandia (Pada saat dia bekerja di Departemen Informasi Ilmu Pengetahuan). Sekarang IRC sudah digunakan di lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

Pada tahun 1992 Internet Relay Chat kemudian disempurnakan tepatnya pada saat perang gurun. Antara periode ini, informasi diterima dan disalurkan ke seluruh dunia sehingga karena dengan IRC manusia dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mil. IRC adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date dan dapat dipergunakan.

BACA JUGA:  Jenis Teknologi Tepat Guna

Pengertian IRC
IRC adalah singkatan dari kata Internet Relay Chat. Istilah Internet Relay Chat apabila disingkat yaitu menjadi IRC. Akronim IRC (Internet Relay Chat) merupakan singkatan/akronim tidak resmi dalam Bahasa Indonesia.

Beberapa situs IRC adalah untuk umum.
Di bawah ini adalah beberapa alamat client milik umum
1. exuokmas.ecn.uoknor.edu 6533
2. sci.dixie.edu 6677
3. irc.tuzvo.sk 6533
4. irc.nsycu.edu.tw 6533
5. obelix.wu-wien.ac.at 6996

Perintah dasar IRC yaitu
– /Names= merupakan nama seluruh pengguna yang ada di dalam saluran/ channel tersebut.
– /Ignore= Untuk menolak chanel komunikasi dengan pengguna individu tersebut, diikuti alamat email atau nama julukan pengguna lain
– /Nick = mengubah nama samaran atau nama julukan sebelumnya
– /Whois= akan menunjukkan informasi tentang pengguna tersebut, diikuti nama julukan.
– /Msg = untuk mengirimkan pesan khusus kepada pengguna lain, diikuti nama julukannya kemudian isi pesan
– /Help untuk bantuan apabila kesulitan help akan menjelaskan perintah IRC
– /Bye perintah untuk keluar dari saluran/ channel dan program IRC

BACA JUGA:  Jelaskan Apa yang Dimaksud Buku Digital?