Hutan yang Terdapat Banyak Pohon disebut Hutan?

Loading...

ASTALOG.COM – Indonesia di kenal dengan keindahan hutannya yang melimpah dan hampir ada disetiap kota. Begitu banyak hutan di Indonesia, sehingga hutan tersebut memiliki namanya sendiri dengan keadaannya yang berbeda.

Hutan yang terdapat atau memiliki banyak pohon didalamnya disebut juga dengan hutan heterogen. Hutan heterogen adalah hutan yang terdiri atas beraneka ragam jenis tumbuhan, dari pohon-pohon rendah sampai pohon yang tinggi. Hutan ini biasanya bersifat alami atau primer, contohnya hutan hujan tropis.

utan ini biasanya bersifat alami atau primer, contohnya hutan hujan tropis , hutan rimba. Biasanya di daerah tropic yang banyak hujannya seperti di Amerika Tengah dan Selatan , Afrika , Asia Tenggara , dan Australia Timur Laut pohon – pohonnya tinggi dan berdaun lebar . Di Indonesia hutan Heterogen antara lain terdapat di pulau Jawa , Sumatra , Kalimantan , dan Irian Jaya .

BACA JUGA:  Fungsi Jaringan Tulang

Cara Dan Metode Pelestarian Hutan
1. Mencegah cara ladang berpindah / Perladangan Berpindah-pindah
Terkadang para petani tidak mau pusing mengenai kesuburan tanah. Mereka akan mencari lahan pertanian baru ketika tanah yang ditanami sudah tidak subur lagi tanpa adanya tanggung jawab membiarkan ladang terbengkalai dan tandus. Sebaiknya lahan pertanian dibuat menetap dengan menggunakan pupuk untuk menyuburkan tanah yang sudah tidak produktif lagi.

2. Waspada-Waspadalah & Hati-Hati Terhadap Api
Hindari membakar sampah, membuang puntung rokok, membuat api unggun, membakar semak, membuang obor, dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan kebakaran hutan.

3. Reboisasi Lahan Gundul dan Metode Tebang Pilih
Kombinasi kedua teknik adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh para pelilik sertifikan HPH atau Hak Pengelolaan Hutan. Para perusahaan penebang pohon harus memilih-milih pohon mana yang sudah cukup umur dan ukuran untuk ditebang. Setelah meneang satu pohon sebaiknya diikuti dengan penanaman kembali beberapa bibit pohon untuk menggantikan pohon yang ditebang tersebut. Lahan yang telah gundul dan rusak karena berbagai hal juga diusahakan dilaksanakan reboisasi untuk mengembalikan pepohonan dan tanaman yang telah hilang.

BACA JUGA:  Bagian-bagian Atmosfer di Uranus

4. Menempatkan Penjaga Hutan / Polisi Kehutanan / Jagawana
Dengan menempatkan satuan pengaman hutan yang jujur dan menggunakan teknologi dan persenjataan lengkap diharapkan mempu menekan maraknya aksi pengrusakan hutan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Bagi para pelaku kejahatan hutan diberikan sangsi yang tegas dan dihukum seberat-beratnya. Hutan adalah aset / harta suatu bangsa yang sangat berharga yang harus dipertahankan keberadaannya demi anak cucu di masa yang akan datang.

Fungsi Hutan Heterogen
Fungsi hutan heterogen antara lain:

1. Fungsi Ekonomi
sebagai penghasil kayu dan hasil hutan lainnya seperti rotan, damar dan lain-lain
Sebagai penghasil devisa bagi negara

2. Fungsi Ekologis
mempertahankan kesuburan tanah
mencegah terjadinya erosi
mencegah terjadinya banjir
sebagai tempat untuk mempertahankan keanekaragaman hayati

BACA JUGA:  Fisiologi dan Cara Adaptasi Protozoa

3. Fungsi Klimatologis
sebagai penghasil oksigen
sebagai pengatur iklim

4. Fungsi Hidrolis
sebagai pengatur tata air tanah
sebagi penyimpan air tanah
Mencegah intrusi air laut