Ciri Vertebrata

Loading...

ASTALOG.COM – Vertebrata atau hewan bertulang punggung adalah organisme yang paling terorganisir di Bumi. Mereka milik subphylum Vertebrata.

Mereka bukan kelompok hewan yang paling banyak, mereka adalah kelompok yang paling canggih dari hewan. Karakteristik yang membuat vertebrata khusus adalah kehadiran sumsum tulang belakang, tulang dan notokorda.

Kebanyakan vertebrata memiliki sistem saraf yang berkembang dengan sangat baik. Vertebrata juga memiliki otot dan kerangka yang membantu mereka bergerak secara efisien dan performa gerakan yang kompleks.

Ciri-ciri Vertebrata
Sistem organ vertebrata ‘lebih maju dibandingkan dengan invertebrata, dan sistem saraf mereka lebih kompleks. Ciri-ciri umum Vertebrata lainnya adalah:

1. Memiliki otak yang berkembang.
2. Otak bersarang di tempurung kepala atau kranium.
3. Kebanyakan memiliki melalui usus dengan anus yang berbeda ujung.
4. Memiliki sistem peredaran darah sebagian terbuka.
5. Dua pasang pelengkap.
6. Umumnya Endoskeleton vertebrata terbuat dari tulang rawan atau tulang.
7. Vertebrata pertama berevolusi di lautan sekitar 470 juta tahun yang lalu. Mereka adalah ikan tanpa rahang dengan sirip ekor tunggal.
8. Semua vertebrata memiliki jantung dan sistem peredaran darah tertutup.
9. Dalam kedua fungsi peredaran darah dan ekskresi mereka mereka, vertebrata sangat berbeda dari hewan lain.
10. Reproduksi biasanya seksual dan gonochoristic.
11. Pakan dari berbagai bahan organik.
12. berkelamin tunggal, gonad hanya satu pasang.
13. Vertebrata dikategorikan menjadi lima kelompok: mamalia, burung, ikan, amfibi, dan reptil.

BACA JUGA:  Komponen Kimiawi Sel

Perkembangbiakan Hewan Vertebrata
Semua vertebrata berkembang biak secaraseksual. Hewan jantan mempunyai testis yang menghasilkan sperma. Hewan betina mempunyai ovarium yang menghasilkan sel telur. Bersatunya sperma dan sel telur disebut pembuahan (fertilisasi) yang menghasilkan satu zigot. Selanjutnya zigot berkembang menjadi embrio dan akhirnya menjadi individu baru.

Proses pembuahan Vertebrata dibedakan menjadi dua macam, yaitu pembuahan diluar tubuh (fertilisasi ekternal) dan di dalam tubuh (fertilisasi internal).

Contoh:
Pada ikan dan amfibi terjadi pembuahan di luar tubuh. Sperma dan sel telur dikeluarkan di dalam air dan pembuahan berlangsung di dalam air.

Pada reptilia, burung dan mamalia terjadi pembuahan dalam tubuh. Beberapa reptilia, misalnya ular dan kadal, ada yang tidak mengeluarkan telurnya, sehingga embrio berkembang di dalam telur yang ada di tubuhnya. Ketika menetas, ular seolah-olah melahirkan anaknya. Hal yang demikian disebut perkembangbiakan dengan cara bertelur dan beranak (ovovivipar).

BACA JUGA:  Hubungan Antara Kondisi Geografis dengan Keadaan Penduduk

Hewan yang mengeluarkan telurnya, misalnya burung, dan ikan, disebut dengan (ovipar). Pada mamalia, kuning telurnya sedikit perkembangan embrio berlangsung di dalam rahing (uterus). Setelah cukup usia, anak dilahirkan. Hewan yang melahirkan anak disebut vivipar.

Peredaran Darah, Jantung ikan terdiri dari dua ruang, yaitu satu serambi dan satu bilik. amfibi tiga ruang, yaitu dua serambi dan satu bilik, reptilia empat ruang, yaitu dua serambi dan dua bilik. Jantung burung dan mamalia memiliki 4 ruang yang terpisah, dua serambi dan dua bilik.