Ada Berapa Macam Pasta?

Loading...

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni dan lasagna.

Dalam bahasa Inggris, pasta adalah sebutan untuk berbagai jenis masakan dengan bahan utama salah satu jenis pasta yang diberi bumbu dan saus. Pasta berasal dari bahasa Italia “pasta alimentare” yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti luas, “pasta” bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake. Dalam bahasa Italia, pasta yang berarti bahan makanan seperti mi disebut pastasciutta.

Pasta dibuat dari tepung terigu semolina yang merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah, dan bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal. Pasta buatan Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu Farina dan Semolina, sehingga mempunyai tekstur yang lebih lembut untuk dijadikan hidangan seperti kaserol.

BACA JUGA:  Perayaan Hari Ayah

Di luar negara asalnya di Italia, pasta biasanya dijual di dalam kemasan dalam bentuk kering. Pasta kering dibuat di pabrik dengan menggunakan mesin ekstrusi yang mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan. Bentuk-bentuk pasta yang lain diperoleh dengan menggiling adonan pasta menjadi lembaran yang kemudian dipotong-potong atau dicetak.

Pasta terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Di Italia terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta bentuk yang baru. Pasta yang berbentuk panjang-panjang seperti mi disebut
spaghetti, variasi yang lebih kurus disebut vermicelli, variasi yang panjang dan pipih seperti kwetiau disebut linguine, sedangkan versi yang agak tebal disebut fettucine.

BACA JUGA:  Contoh Partisipasi Dalam Pembuatan Keputusan Di Lingkungan Keluarga

Nama jenis pasta biasanya diambil berdasarkan nama-nama bentuk pasta dalam bahasa Italia. Pasta berbentuk pendek-pendek seperti pena disebut penne, sedangkan pasta berbentuk kupu-kupu disebut farfalle.

Jenis-jenis Pasta

1. Spaghetti
Spaghetti adalah mi Italia yang berbentuk panjang seperti lidi, yang umumnya di masak 9-12 menit di dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah ataupun terlalu matang. Cara memakannya bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah Spaghetti alla Bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju Parmesan parut.

2. Spaghettini
Spaghettini adalah pasta yang mirip sekali dengan spaghetti. tapi bedanya, bentuk spaghettini lebih kecil dan tipis di bandingkan dengan spaghetti.

3. Vermicelli
Pasta ini mirip dengan Spaghetti, hanya saja Vermicelli berukuran lebih kecil dan pendek. Pasta ini sering diolah bersama hidangan laut dan bisa juga dijadikan isi sup. Vermicelli merupakan salah satu pasta tradisional Italia. Secara literal, namanya berarti ‘cacing kecil’.

BACA JUGA:  Proses Terjadinya Kehamilan

4. Linguini
Linguine adalah bentuk pasta yang ukurannya lebih besar dari spaghetti dan pipih seperti kwetiau, tapi lebih kecil dari fettuccine. Di Italia, nama linguine berarti “lidah kecil”. Linguine juga memiliki nama lain yang di disebut trenette atau bavette. Linguine berasal dari Genoa dan Liguria wilayah Italia. Biasanya Linguine disajikan dengan aneka seafood atau pesto.

5. Fettucine
Fettuccine yang dalam bahasa Italia berarti “pita kecil” adalah jenis pasta yang populer di masakan Romawi. Fettucine juga memiliki bentuk yang sama seperti kwetiau. Ukuran Fettucine lebih besar daripada Linguine. Fettucine berukuran tebal datar yang terbuat dari telur dan tepung (biasanya satu telur untuk setiap 100 g tepung). Fettuccine secara tradisional dibuat segar (baik di rumah atau komersial), tetapi fettuccine kering juga bisa dibeli di toko-toko.