Norma Kesusilaan Adalah

Loading...

ASTALOG.COM – Norma Kesusilaan adalah peraturan sosial yang bersumber dari hati nurani yang menghasilkan akhlak. Norma kesusilaan, seseorang dapat membedakan mana yang dianggapnya baik dan mana yang dianggap buruk.

Pelanggaran norma kesusilaan merupakan berupa sanksi pengucilan secara fisik ataupun rutin. Norma kesusilaan juga memberi kita petunjuk mengenai cara bersikap dan bertingkah laku dalam memutuskan yang ingin dilakukan, dihindari dan juga ditentang.

Tujuan Norma Kesusilaan
Tujuan norma kesusilaan adalah setiap orang dalam hidup dan kehidupannya memiliki sifat kesusilaan tinggi berdassarkan nilai-nilai kemanusiaan sebagai makhluk paling sempurna.

Contoh Norma Kesusilaan

Contoh norma kesusilaan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari, antara lain sebagai berikut:

1. Bertindak dan Berprilaku Jujur
Bertindak dan berprilaku jujur merupakan salah satu contoh norma kesusilaan. Contoh bertindak dan berprilaku jujur misalnya; ketika seseorang menemukan barang atau benda milik orang lain, jika ia berprilaku jujur tentu akan mengembalikan benda yang ditemukan kepada pemilikny.

BACA JUGA:  Sebutkan Teknik Bermain Angklung?

2. Meminta Maaf Bila Melakukan Kesalahan
Meminta maaf bila melakukan kesalahan adalah salah satu bentuk norma kesusilaan. Bersegera meminta maaf bila melakukan kesalahan dan tidak bersikap seperti pecundang yang lari dari kesalahan atau balik menyalahkan pihak lain. Bersikap jantan dan kesatria untuk meminta maaf akan membuat seseorang menjadi pribadi dewasa yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

3. Berpakaian sesuai dengan situasi
Norma kesusilaan mencakup juga cara berpakaian. Berpakaian hendaknya disesuaikan dengan bentuk tubuh, warna kulit, warna baju, situasi, waktu, dan tempat ataupun acara yang dihadiri. Pakaian yang dipakai membentuk keserasian dengan penampilan. Berpakaian secara sembarangan akan menjadi pusat perhatian atau keanehan dalam pergaulan.

BACA JUGA:  Unsur-unsur dalam Stratifikasi Sosial

4. Berbicara hal-hal yang baik
Berbicara merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Berbicara baik akan memberikan dampak yang baik, Sebaliknya, bicara hal-hal negatif akan memberikan dampak negatif. Jika seseorang berbicara baik tentang orang lain, maka perkataan yang baik itu akan kembali kepada dirinya. Jika memang tidak ada hal-hal yang baik untuk dibicarakan, jangan berbicara. Itu akan menyelamatkan banyak ‘jiwa’.

5. Menghormati orang yang lebih tua dan menghargai yang muda
Norma kesusilaan hendaknya dihadirkan dalam tata cara pergaulan. Dalam pergaulan sopan santun yang muda harus menghormati yang lebih tua umur pada waktu bertemu, yang muda terlebih dahulu hormat kepada yang tua. Begitupun sebaliknya, meskipun umur kita lebih tua dari teman sepergaulan, tetapi kita harus menghargainya. Jika ini dilakukan, maka akan tercipta keharmonisan.

BACA JUGA:  Struktur Teks Eksplanasi Tentang Banjir

6. Tidak boleh mengambil hak orang lain
Sebagai makhluk sosial, manusia hidup bersama orang lain. Dalam hidup bersama, tentu seorang manusia tidak dapat bertindak sesukanya. Mengambil hak orang lain merupakan perbuatan yang sangat merugikan bagi orang yang diambil haknya.

7. Sanksi Norma Kesusilaan
Setiap orang dianggap mempunyai bisikan hati yang mengarah kepada kebenaran yang merupakan dasar norma kesusilaan. Oleh karena itu, sanksi terhadap norma kesusilaan pun bersifat individual. Bentuk pelanggaran kesusilaan merupakan pengingkaran terhadap hati nurani. Sanksi atas pelanggaran norma ini muncul dalam bentuk pengucilan secara fisik (dipenjara, diusir) atau batin (penyesalan, rasa malu, dan kegelisahan).