Respirasi Tumbuhan Adalah

Loading...

ASTALOG.COM – Respirasi berasal dari kata latin yaitu respirare yang artinya bernafas. Respirasi yaitu suatu proses pembebasan energi yang tersimpan dalam zat sumber energi melalui proses kimia dengan menggunakan O2, proses pengambilan O2 untuk memecah senyawa-senyawa organik menjadi CO2, H2O dan energi.

Dari respirasi akan dihasilkan energi kimia ATP untak kegiatan kehidupan, seperti sintesis (anabolisme), gerak, pertumbuhan.

Respirasi sudah diketahui sejak abad XVIII, yaitu oleh :
1. J.Priestley pada tahun 1772 : Tumbuhan dapat memurnikan udara kotor
2. Lavoisier : Respirasi CO2+ H2O
3. Ingenhousz : Tumbuhan dan hewan terjadi pertukaran O2 dan CO2 dengan atmosfer.
Respirasi merupakan proses penguaraian zat-zat organik untuk membebaskan energi. Dimana energi yang tersimpan tadi ditimbulkan kembali untuk menyelenggaran proses-proses kehidupan.

BACA JUGA:  Masa Kepemimpinan Wilopo

Namun demikian respirasi pada dasarnya adalah suatu reaksi redoks, dimana substrat akan melakukan oksidasi menjadi CO2, sedangkan O2 yang diserap sebagai oksidator yang mengalami reduksi akan menjadi H2O.

Respirasi juga dapat diartikan sebagai suatu proses pembebasan energi yang tersimpan dalam suatu zat sumber energi melalui proses kimia dengan menggunakan oksigen.

Dari proses respirasi akan menghasilkan energi kimia ATP untuk kegiatan kehidupan, seperti sintesis atau anabolisme, gerak, pertumbuhan.

Secara umum, respirasi karbohidrat dapat dituliskan dalam rumusan sebagai berikut:

C6H12O6 + O2 → 6CO2 + H2O + energi

Reaksi di atas merupakan persamaan dari reaksi-reaksi yang terjadi dalam suatu proses respirasi.

Reaksi tersebut terlihat sangat sederhana, terlihat seakan respirasi adalah suatu reaksi tunggal, sehingga dapat membingungkan dikarenakan respirasi yang sebenarnya tidaklah reaksi tunggal.

BACA JUGA:  Ciri-ciri Tumbuhan Spermatophyta

Respirasi ialah rangkaian dari banyak reaksi komponen, yang masing-masingnya akan dikatalisis oleh enzim yang berbeda.

Respirasi pada tumbuhan pada dasarnya memerlukan oksigen. Walaupun dalam keadaan tertentu, keberadaan okisigen tidakk lagi dibutuhkan (terutama pada tumbuhan yang tidak memiliki klorofil).

Respirasi dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan suatu energi. Tumbuhan yang bernapas dengan sistem anaerob, akan mendapatkan suatu energi.

Caranya aialah dengan mengurai sejumlah bahan tertentu di tempat mereka hidup. Sedangkan pada pernapasan aerob, akan dihasilkan suatu karbon dioksida juga uap air yang kemudian akan dikeluarkan melalui tubuh tumbuhan dengan melakukan sistem difusi.