Al Qomariah Adalah

ASTALOG.COM – Alangkah bahagianya menjadi umat Islam yang mampu membaca Al – Qur’an dengan baik dan benar. Dapat membaca dengan benar tentu harus mengerti dan memahami ilmunya. Adapun ilmu yang mmpelajari tentang hal itu dinamakan dengan ilmu tajwid. Di dalam ilmu tajwid diatur mengenai cara membaca panjang pendeknya huruf, membaca jelas atau berdengungnya suatu lafaz dan sebagainya.

Ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang dipergunakan untuk mengetahui makhraj, hukum bacaan dan sifat-sifatnya. Pada bagian ini akan dibahas mengenai salah satu ilmu tajwid, yakni menegnai hukum bacaan Al Qamariyah

Al qamariyah disebut juga Izhar Qomariyah. Al Qamariyah harus dibaca jelas dan terang. Alif Lam yang dirangkaikan dengan salah satu huruf Qamariyah maka Alif Lam harus dibaca jelas.

Al” Qamariyah adalah “Al” yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf qamariyah. Qamariyah artinya seperti Bulan.

Jumlah huruf qamariyah ada 14 huruf, seperti terangkum dalam rangkaian huruf atau kalimat: yaitu huruf-huruf ( ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه ).

Cara membaca “Al” Qamariyah harus jelas (izhhar), yakni tetap kelihatan bacan lam sukunnya. Karena itulah hukum bacaan “Al” Qamariyah sering disebut dengan Izhhar Qamariyah (إِظْهَارْ قَمَرِيَّةْ).

Contoh Bacaan Al Qomariah
Dan perlu anda ketahui kalau huruf-huruf qamariyah ada 14 jumlahnya seperti gambar di bawah ini :
ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه

Contoh :

اَلْاَحَدُ اَلْحَمْدُ اَلمَقَابِرُ اَلْيَقِيْنِ اَلهُدَى

اَلجَحِيْمِ اَلقَارِعَةَ اَلْفُرْقَانَ اَلْغَفُوْرُ اَلْكُفْرَ