Berat Jenis adalah

Loading...

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Berat jenis adalah perbandingan relatif antara massa jenis sebuah zat dengan massa jenis air murni. Air murni bermassa jenis 1 g/cm³ atau 1000 kg/m³. Berat jenis tidak mempunyai satuan atau dimensi.

Berat jenis mempunyai rumusn
m.g/v atau w/v dengan satuan n/m^3 dengan
m = massa,
g = gravitasi,
v = volume dan
w = weight (berat).

Rumus Berat Jenis
Dalam suatu persamaan berat jenis sering ditulis dalam bentuk rumus:
s = w/v

Dengan:
s = berat jenis benda
w = berat benda
V = volume benda

Perbedaan massa jenis dan berat jenis
Massa jenis zat adalah perbandingan antara massa zat dengan volume zat. Sedangkan berat jenis adalah perbandingan antara berat dan volume benda.

BACA JUGA:  BMKG Singkatan Dari

Tidak seperti massa jenis, nilai berat jenis tidak absolut (mutlak) karena tergantung percepatan gravitasi, yang juga tergantung dari lokasi. Yang sangat signifikan berpengaruh kepada berat jenis adalah suhu benda itu sendiri. Tekanan bisa berpengaruh, bergantung dari banyaknya benda. Akan tetapi, secara umum, pada tekanan yang sedang, faktor tekanan tidak sangat berpengaruh kepada nilai berat jenis selain faktor lain.

Adapun untuk karakteristik bahan, biasanya menggunakan nilai gravitasi khusus (spesific gravity). Saya belum mempunyai padanan terjemahan untuk spesific gravity. Besaran ini adalah besaran yang tanpa satuan dan membandingkan massa jenis bahan dengan massa jenis air.