Penggunaan Magnet pada Stopwatch

ASTALOG.COM – Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan untuk melakukan suatu kegiatan. Stopwatch dapat diaktifkan dan dimatikan. Stopwatch diaktifkan ketika kita memulai pengukuran dan pada akhir pengukuran bisa dihentikan (dimatikan).

Karena merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur interval waktu, resolusi pada sebuah stopwatch menunjukkan interval waktu terkecil yang masih dapat diukur dan ditampilkan oleh sebuah alat ukur. Setiap stopwatch terdiri dari 4 (empat) elemen yaitu sumber daya, time base, counter dan sebuah layar penunjukkan atau display.

Stopwatch bekerja dengan menekan tombol start ketika acara dimulai. Misalnya, jika Anda waktu perlombaan, Anda akan menekan tombol start saat balapan dimulai. Ketika balapan berakhir, tekan tombol stop. Kebanyakan stopwatch tidak disampirkan ke pergelangan tangan, orang menggantungnya di leher atau membawanya dalam saku.

Jenis Stopwatch

Ada dua jenis stopwatch, yaitu stopwatch jarum dan stopwatch digital. Gerakan jarum panjang pada stopwatch jarum menyatakan rentang waktu dalam detik, sedangkan jarum pendek menyatakan rentang waktu dalam menit.

Sementara stopwatch digital langsung menggunakan angka-angka yang tertera pada badannya untuk menunjukkan lamanya rentang waktu suatu peristiwa. Stopwatch jarum memiliki tingkat ketelitian 0,1 s, sedangkan stopwatch digital memiliki tingkat ketelitian hingga 0,01 s.

1. Analog

– Prinsip pengoperasian pengukuran waktu oleh perpindahan secara mekanis
– Interval waktu minimum: 3 jam tanpa pengulangan
– Bentuk fisik: permukaan putih bersih tidak berwarna. Terdapat tanda selesai hitam atau merah dan jarum hitam atau merah.

2. Digital

– Prinsip pengoperasian pengukuran waktu oleh osilator time base
– Interval waktu minimum:48 jam tanpa penggantian baterai
– Menyediakan karakter yang dibatasi untuk jam, menit, detik.

Adapun bagian-bagian dan fungsi dari stopwatch digital adalah sebagai berikut :

– Layar/monitor sebagai media penampilan pembacaan atau hasil pengukuran secara elektrik berupa angka-angka.
– Tombol start/stop untuk memulai pengukuran (tombol start) dan untuk mengakhiri pengukuran (tombol stop).
– Tombol kalibrasi sebagai tombol untuk mengkalibrasi ke angka nol.
– Pada stopwatch digital ada juga stopwatch yang terdapat tombol untuk mereplay hasil pengukuran yang telah dilakukan.

Prinsip Kerja Stopwatch

Prinsip kerja stopwatch analog:

– Sumber daya yang digunakan adalah gulungan pegas helical yang menyimpan energi yang didapatkan dari pergerakan pegas.
– Time base biasanya roda keseimbangan yang berfungsi seperti puntiran bandul.
– Kecepatan pegas membuka dipengaruhi oleh roda keseimbangan yang didesain untuk menghasilkan osilasi dengan perioda yang tetap dan konstan.
– Membukanya gulungan pegas inilah yang menggerakkan indikator counter
– Counter tersusun atas deretan persneling yang membagi kecepatan putaran dari pelepasan roda ke kecepatan putaran dengan teliti untuk penunjukkan detik, menit dan jam.

Prinsip kerja stopwatch digital:

– Sumber daya yang digunakan adalah sebuah baterai yang mensuplai daya untuk osilator, counter dan sirkuit display
– Time base yang biasanya digunakan adalah osilator kristal quartz dengan frekuensi nominal 32 768 Hz.
– Sirkuit counter terdiri dari pembagi digital yang menghitung osilasi time base untuk setiap perioda yang berhubungan dengan tombol start/stop
– Layar display biasanya mempunyai tujuh atau delapan digit.

Prinsip kerja stopwatch analog adalah menggunakan cara kerja mekanis, sedangkan stopwatch digital menggunakan prinsip elektronis. Jadi, kegunaan magnet pada stopwatch adalah prinsip magnetis, terdapat pada stopwatch terutama pada stopwatch digital yaitu pada layar LCD dan speaker yang digunakan.

Stopwatch memiliki fungsi timer. Timer adalah kebalikan dari penggunaan stopwatch. Alih-alih waktu acara, timer menghitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan sesuatu. Misalnya, jika Anda meninggalkan rumah untuk pergi bekerja, mulai tekan mode timer. Ketika Anda mencapai tempat kerja, tekan berhenti pada mode timer. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tempat kerja akan tampil pada stopwatch.

Perangkat stopwatch digunakan ketika periode waktu harus diukur secara tepat dan dengan minimal komplikasi. Percobaan laboratorium dan acara olahraga seperti sprint adalah contoh yang baik.

Fungsi stopwatch juga hadir sebagai fungsi tambahan pada sebagian besar jam tangan digital, ponsel, pemutar musik portabel, dan komputer.