Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Loading...

Bahasa Inggris adalah bahasa kontekstual, karena itu untuk menguasainya anda tidak perlu pintar, tapi perlu skill.

Kunci sukses berbahasa Inggris adalah keterampilan dan kebiasaan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa tips belajar Bahasa Inggris dengan mudah yang dapat anda aplikasikan di kehidupan sehari-hari :

Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris Secara Rutin

Selain dipercaya dapat menghilangkan stress, meningkatkan mood dan produktivitas kerja, mendengarkan lagu juga dapat memberikan pengetahuan.

Kumpulan kata-kata pada lirik lagu membuat kita kaya akan kata-kata, baik itu kosakata dalam kehidupan sehari-hari, maupun kosakata liris, kosakata formal maupun informal.

Sama halnya saat mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Membiasakan mendengarkan lagu berbahasa Inggris membuat kita akan terbiasa mendengarkan berbagai kosakata dalam Bahasa Inggris.

Cara ini akan membuat kita terbiasa mencari tahu arti dari kosakata baru yang kita temui pada lirik lagu. Akan lebih baik, jika artinya telah diketahui, kita membuat kamus pribadi yang berisikan kumpulan kosakata tersebut beserta artinya.

BACA JUGA:  Klasifikasi Pengendalian Sosial

Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris

Telah kita ketahui, bahwasannya hakikat bahasa adalah sebagai alat komunikasi. Karena itu, baiknya kita menyejajarkan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi sehari-hari.

Bahasa Inggris adalah bahasa global. Untuk itulah kita dituntut untuk dapat menguasainya agar kita mampu memahami persoalan dunia.

Biasakanlah diri untuk menggunakan Bahasa Inggris, mulai dari yang sederhana, seperti My name is …., Good Morning, Good Afternoon, How are you, Thank You, Forgive Me, dan kata-kata sederhana lainnya.

Setelah anda terbiasa, cobalah untuk menggunakan kata-kata yang lebih komplek, seperti pada lagu-lagu dan teks-teks bacaan.

Menonton Film Barat yang Berbahasa Inggris

Gunakan kegemaran anda menonton film sebagai cara untuk menguasai Bahasa Inggris, dengan menonton film-film dan acara TV berbahasa Inggris.

Usahakan untuk menonton film dengan subtitle Bahasa Inggris atau tidak bersubtitle sama sekali, sehingga anda akan fokus hanya kepada Bahasa Inggris saja.

 Selain itu, acara-acara TV berbahasa Inggris seperti Oprah Winfrey Show, Walk The Talk, World News, dan Indonesia Now dapat dijadikan alternatif jika anda tidak sedang ingin menonton film.

BACA JUGA:  Proses Terjadinya Danau

Membaca Teks Bacaan Berbahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa kontekstual, dimana tiap kata bisa memiliki banyak makna tergantung bagaimana kalimatnya.

Bacalah berbagai jenis bacaan berbahasa Inggris dan cobalah untuk memahami kalimatnya tanpa harus menterjemahkan satu per satu kata pada kalimat.

Jika ada kalimat yang tidak dimengerti, bacalah kalimat sebelum atau setelahnya. Isi bacaan tersebut dapat dimengerti dengan sendirinya jika anda membacanya secara utuh, bukan dengan menterjemahkan kata yang ada satu per satu.

Jika telah terbiasa dengan cara ini, anda akan terbiasa untuk tampil tanpa bergantung pada kamus.

Mencari Teman yang Punya Minat Sama

Maksud “sama” disini adalah memiliki keinginan yang sama untuk menguasai Bahasa Inggris.

Dunia sudah canggih dengan keragaman teknologi yang ada. Sudah pasti anda tidak asing lagi dengan Facebook, E-mail, Twitter, Path, dan jejaring sosial lainnya.

BACA JUGA:  Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Dengan koneksi internet, anda tidak perlu sedih jika tidak menemukan teman yang sama di dunia nyata, karena anda juga dapat beraksi di dunia maya. Ikuti saja perkembangan Barrack Obama, Tom Cruise, dan orang-orang Barat lainnya di twitter.

Anda dapat melakukan mention terhadap mereka jika anda mau mempraktekkan kemampuan Bahasa Inggris anda.

Selain itu, anda juga dapat bergabung di grup-grup kepemudaan yang sering membicarakan isu-isu global, seperti Young Leaders For Indonesia, Indonesian Future Leaders, Being IR, Indonesian Youth Conference, dan masih banyak yang lainnya.

Ikuti Latihan atau Kursus Bahasa Inggris

Cara ini adalah alternatif terakhir jika kelima cara di atas sulit untuk dilakukan. Saat ini telah banyak dikembangkan kursus-kursus online, dimana proses belajar bisa dilakukan di rumah.

Maka itu, anda tidak perlu merasa malas kursus hanya karena tempatnya yang jauh, karena saat ini anda tetap bisa kursus dimana saja dengan laptop di hadapan anda.