Tanda Terjadinya Gempa Tsunami

Loading...

ASTALOG.COM – Mungkinkah anda melupakan kejadian yang menimpa bangsa kita di tahun 2004 lalu? Yang mana meluluh lantakkan tanah Aceh dan sekitarnya? Yap itulah bencana alam tersebesar di abad 20 an. Masalah tsunami memang belum asing di telinga kita pada awalnya. Namun semenjak kejadian di Aceh lalu, entah memberikan stigma tersendiri ketika ada gempa yang di sertai dengan tektonik. Apa lagi di hubungkan dengan adanya pergerakan lempengan laut yang sudah bergeser. Mungkin ini menjadi trauma tersendiri bagi rakyat Indonesia.

Di negara kita, masalah tsunami memang masih di kategorikan bencana alam yang serius. Namun tidak di beberapa negara lain. Di Jepang misalnya. Jika di lihat dari letak geografis, Jepang memang lebih banyak di kuasai lautan dari pada daratan. Bahkan wilayah daratannya cenderung sangat sempit. Bukan hanya itu, hanya di beberapa sektor tanah saja yang masuk dalam kategori subur. Selebihnya tidak. Maka, Jepang juga mirip seperti Indonesia masalah bencana alamnya. Keadaan gempa, banjir, bahkan tsunami menjadi suatu hal yang lumrah di Jepang sana. Itulah mengapa mereka cenderung lebih siap mengatasinya dari pada kita. Bukan hanya manusia, juga hewan memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah memiliki insting akan terjadi suatu bencana dahsyat. Maka mereka akan lebih dahulu lari untuk menyelamatkan diri. Salah satu bencana alam yang bisa di prediksi oleh manusia adalah tsunami.

Tanda Terjadinya Tsunami
Tanda-tanda terjadinya tsunami sangat beragam. Namun ada beberapa hal yang bisa kita pantau untuk mengetahui tanda-tanda tsunami, berikut ini adalah tanda-tanda terjadinya tsunami;

BACA JUGA:  Perundang-Undangan Nasional Menurut Hadi Wiyono

1. Terjadigempa bumi di tengah laut dengan kekuatan yang besar.
2. Permukaan air pantai tiba-tiba surut.
3. Munculnya ombak kuat yang tidak seperti biasanya.
4. Terdengar suara gemuruh/ ledakan dari tengah laut.
5. Tercium bau garamyang menyengat.
6. Kecepatan Tsunami

Kecepatan Tsunami
Bila terjadi di lautan dalam tsunamibisa bergerak tanpa disadari dari permukaan laut. Ia bisa bergerak dengan kecepatan hingga 800 kilometer/jam, melintasi seluruh lautan hanya dalam satu hari atau kurang. Para ilmuwan bisa memperhitungkan kedatangannya di berbagai tempat di dunia berdasarkan data-data waktu terjadinya gempa, kekuatannya , kedalaman air, serta jaraknya. Nah setelah mengetahui kecepatan tsunami dan tanda-tanda tsunami, sebaiknya jika kita mengetahui terjadinya tsunami, ada baiknya menyelamatkan diri.

BACA JUGA:  Negara yang Terkenal dengan Bunga Tulip

Tanda-tanda Datangnya Tsunami
Bberikut adalah tanda-tanda dari datangnya Tsunami yang perlu kawan-kawan ketahui, sehingga jika sewaktu-waktu kita sedang berekreasi dipantai, kita bisa menghindari dari bencana Tsunami tersebut.

1. Tsunami biasanya diawali dengan terjadinya gempa bumi. Karenanya, jika kawan-kawan sedang bermain di pantai lalu merasakan terjadinya gempa, segeralah menjauhi pantai, dan mencari daerah yang tinggi untuk terhindar dari Tsunami.

2. Jika mendengar suara gemuruh yang sangat keras di tepi pantai yang biasanya tenang, maka segeralah menjauh dari pantai, bukan tidak mungkin suara itu adalah berasal dari gelombang Tsunami yang sedang menuju pantai, hanya saja mungkin kita tidak bisa merasakan getaran gempa yang sudah terjadi sebelumnya.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud ILO?

3. Jika kawan-kawan sudah merasakan adanya getaran gempa, lalu melihat bahwa air laut menjadi surut dengan cepat hingga tampak banyak ikan yang menggelepar, maka jangan tergoda untuk mengumpulkan ikan-ikan tersebut, malah seharusnya kawan-kawan segera berlari menjauhi pantai menuju ketempat yang lebih tinggi, karena surutnya air laut adalah sebuah pertanda bahwa air laut yang surut tersebut akan segera kembali datang untuk menerjang pantai dengan kekuatan yang sangat dahsyat.