Kenampakan Alam di Indonesia

ASTALOG.COM – Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar. Indonesia mempunyai daratan berupa pulau-pulau yang besar dan kecil. Luas daratan kurang lebih 2 juta km2, sedangkan luas lautan kurang lebih 3 juta km2.

Indonesia merupakan negara yang memiliki perairan dan daratan yang luas. Kenampakan Alam atau bisa disebut bentang alam adalah segala sesuatu yang dibentuk oleh peristiwa yang berada di alam.
Kenampakan Alam dapat lihat pada permukaan bumi yang meliputi wilayah daratan dan wilayah perairan. Kenampakan Alam tersebut banyak memberikan keuntungan berupa kekayaan dari berbagai sumber daya alam.

Kenampakan alam merupakan berbagai bentukan muka bumi yang terjadi secara alamiah. Kenampakan alam terdiri dari dua bagian pokok, yakni kenampakan alam berupa daratan dan kenampakan alam berupa perairan.

Kenampakan Alam seperti dataran, gunung, laut, danau dan sungai memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Peristiwa alam seperti banjir, gunumg meletus, gempa bumi dan angin topan sering terjadi di lingkungan sekitar kita. Dan peristiwa alam ini memiliki pengaruh yang besar pada kehidupan sosial manusia. Sebaliknya ada juga pola perilaku masyarakat yang bisa mempengaruhi peristiwa alam di lingkungan sekitar.

Kenampakan Alam Dataran
Wilayah negara Indonesia terdiri atas pulau-pulau yang kecil maupun besar yang terbentang luas mulai dari Sabang sampai Merauke. Dimana Sabang terletak di Pulau We, sedangkan Merauke terletak di Provinsi Papua bagian timur. Menurut para ahli, wilayah Indonesia berada pada urutan ke-14 terluas di seluruh dunia. Secara geografis, letak Indonesia dibagi menjadi dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik dan juga diapit oleh dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Kenampakan Alam dapat dilihat di permukaan bumi.

Pada wilayah daratan meliputi :
1. Dataran Tinggi
Dataran tinggi sangat bermanfaat bagi manusia, terutama untuk daerah perkebunan teh dan tempat peristirahatan. Ada beberapa dataran tinggi yang terdapat di Indonesia, misalnya Dataran Tinggi Alas, Dataran Tinggi Karo, Dataran Tinggi Kerinci, Dataran Tinggi Cianjur, Dataran Tinggi Dieng, Dataran Tinggi Bone, Dataran Tinggi Muler, dan lain-lain.

2. Dataran Rendah
Hampir semua wilayah provinsi di Indonesia memiliki daerah dataran rendah. Dataran rendah sangat bermanfaat bagi manusia, terutama untuk pertanian, peternakan, pemukiman, industri, perkebunan kelapa, perkebunan tebu, perkebunan tembakau, dan lain-lain.

3. Gunung dan pegunungan
Gunung-gunung di Indonesia sangat banyak, baik yang berapi maupun yang tidak berapi. Hampir semua pulau di Indonesia memiliki gunung. Gunung tertinggi di Pulau Sumatera adalah Gunung Kerinci yang tingginya mencapai 3805 meter. Gunung tertinggi di Pulau Jawa adalah Gunung Semeru yang tingginya mencapai 3676 meter.

Gunung tertinggi di Pulau Sulawesi adalah Gunung Rantekombola yang tingginya mencapai 3456 meter. Adapun puncak tertinggi di Irian (Papua) adalah Puncak Jaya yang mencapai 5030 meter. Puncak Jaya selalu diselimuti oleh salju abadi karena begitu tinggi sehingga udara di atasnya sangat dingin sepanjang tahun.

Sungai
Sungai adalah aliran air yang besar yang terjadi karena alam. Di Indonesia banyak terdapat sungai, baik besar maupun kecil. Sungai terbesar adalah Sungai Musi di Sumatra. Sungai terpanjang di Jawa adalah Sungai Bengawan Solo. Sungai terpanjang di Kalimantan adalah Sungai Kapuas dan Sungai terpanjang di Papua adalah Sungai Memberamo

Laut
Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki wilayah laut yang cukup luas. Semua provinsi di Indonesia memiliki wilayah laut. Nama-nama laut yang terdapat di Indonesia adalah Laut Jawa, Laut Sulawesi, Laut Banda, Laut Seram, Laut Maluku, Laut Halmahera, Laut Arafuru, Laut Flores, Laut Sawu, dan Laut Timor. Selain itu, juga terdapat Samudera Hindia. Samudera adalah laut yang sangat luas.